10 Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli
Source: pexels.com/Enzo Muñoz

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli

1. Poerwanti

Poerwanti mengartikan etnosentrisme sebagai pandangn bahwa kelompok sendiri merupakan pusat segalanya dan kelompok lain akan selalu dibandingkan dan dinilai sesuai dengan standar kelompoknya sendiri.

2. Dayakisni dan Yuniardi (2004)

Menurut Dayakisni dan Yuniardi, etnosentrisme adalah sikap dalam melihat dan melakukan interpretasi terhadap seseorang ataupun kelompok lain berdasarkan nilai-nilai yang ada pada budayanya sendiri.

Baca juga: 7 Pengertian Etnolinguistik Menurut Para Ahli

3. Joseph A DeVito

Etnosentrisme menurut Joseph adalah kecenderungan untuk evaluasi nilai, kepercayaan, dan perilaku dalam budaya sendiri yang lebih baik logis dan wajar dibanding budaya lain.

4. Adorno

Menurut Adorno, Etnosentrisme adalah kecenderungan seseorang yang kurang belajar, bergaul, dan pemeluk agama fanatik. Ia juga berpandangan bahwa Etnosentrisme merupakan pandangan tanpa kritik dan memiliki kesetiaan kuat suatu bangsa.

Baca juga: Arti Deklamasi Menurut Para Ahli dan Tujuannya

5. Alo Liliweri

Etnosentrisme adalah paham yang dianut oleh kelompok atau suku bangsa yang menganggap lebih superior dibandingkan kelompok luar.

6. Zastrow

Menurut Zastrow, Etnosentrisme adalah suatu sikap yang dilakukan oleh kelompok etnis secara tertutup tanpa mempertimbangkan keadaan kelompok sosial lainnya.

7. Barger

Menurut Barger, Etnosentrisme adalah kecenderungan berpikir bahwa kelompoknya sendiri lebih superior dari kelompok lain atau menilai kelompok lain inferior dari kelompoknya sendiri.

8. Sumner

Menurut Sumner, Etnosentrisme adalah kecenderungan manusia yang mengikuti naluri biologinya untuk mementingkan diri sendiri, lebih unggul dari orang lain, dan menjadi seorang individualistik. Hal ini akan membuat hubungan yang bersifat antagonistik (pertentangan) dengan kebudayaan lain, akibat sikap yang berlebihan tanpa adanya pengontrolan.

Baca juga: 10 Pengertian Multikulturalisme Menurut Para Ahli

9. Coleman dan Cressey

Menurut Coleman dan Cressey, Etnosentrisme adalah seseorang yang berasal dari kelompok etnis yang cenderung melihat budaya mereka sebagai yang terbaik dibandingkan dengan kebudayaan yang lainnya.

10. Menurut KBBI

Etnosentrisme adalah sikap atau pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri, biasanya disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain.