Header Ads Widget

10 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

pengertian kebudayaan menurut para ahli

Dalam bahasa Sansekerta, kata kebudayaan berasal dari kata budh yang berarti akal, yang kemudian menjadi kata budhi atau bhudaya sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil pemikiran atau akal manusia. Pendapat lain mengatakan bahwa budaya berasal dari kata budi dan daya. Budi adalah akal yang merupakan unsur rohani dalam kebudayaan, sedangkan daya adalah perbuatan atau ikhtiar sebagai unsur jasmani. Sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil dari akal dan ikhtiar manusia

Sedangkan dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Maka bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

1. Edward Burnett Tylor (1832-1917)

Budaya adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, keilmuan, adat istiadat, dan kemampuan lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

2. R. Linton (1893-1953)

Pengertian kebudayaan dapat dipandang sebagai konfigurasi tingkah laku yang dipelajari, di mana unsur pembentuknya didukung dan diteruskan oleh anggota masyarakat lainnya.

3. Herkovits (1985-1963)

Definisi kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.

4. Koentjaraningrat (1985-1963)

Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

5. Andreas Eppink

Pengertian kebudayaan adalah nilai sosial, etika, ilmu, dan pengetahuan yang disusun secara sitematis sebagai ciri khas setiap orang atau golongan.

6. Malinowski

Makna kebudayaan adalah suatu prinsip yang didasarkan pada sistem kehidupan dan kebutuhan manusia. Sehingga hal itu mampu menghadirkan ciri khasnya.

7. A.L. Kroeber dan C.Kluckhohn (1952)

Menurutnya, kebudayaan adalah suatu bentuk penjelmaan terhadap kerja jiwa manusia.

8. Bakker (1984)

Pengertian kebudayaan secara umum adalah suatu hal yang baik atau berharga.

9. Tilaar (1999)

Definisi kebudayaan adalah suatu pemaparan tidak langsung kepada tingkah laku manusia, meskipun diakui kepentingannya dalam sistem kepribadian dan sosial. Sietem budaya memberikan pengaruh kepada sistem sosial dalam patokan nilai budaya sebagai inti dari peribadian sosial, sehingga hal ini dapat dirumuskan bahwa manusia yang berpendidikan adalah sekaligus manusiayang berbudaya

10. KBBI

Budaya atau culture dapat diartikan pikiran, akal budi, hasil. Sedangkan membudayakan berarti mengajarkan supaya mempunyai budaya, mendidik supaya berbudaya, membiasakan sesuatu yang baik sehingga berbudaya

Posting Komentar

0 Komentar