Header Ads Widget

Pengertian Budaya dan Sifat Kebudayaan Menurut Para Ahli

Pengertian Budaya


Budaya adalah sebuah opini, ide, gagasan, buah pemikiran yang diimplementasikan bersama oleh kelompok orang secara turun-menurun, generasi ke generasi dari nenek moyang atau pendahulunya.

Bicara tentang budaya, kadang tidak ada habisnya. Sebab, budaya itu sifatnya unik yang terbentuk dari banyak unsur.

Adapun unsur budaya eperti agama, suku, politik, adat-istiadat, bahasan, seni, dan masih banyak unsur lainnya.

Ketika semua unsur itu disatukan, maka muncullah sebuah gagasan yang disebut budaya.

Oleh karenanya, budaya juga bisa dipandang dengan berbagai sudut pandang berbeda, tergantung dari kemampuan berpikir setiap pelakunya.

Dengan anggapan seperti itu, secara tidak langsung juga menjelaskan jika budaya sifatnya adalah dinamis, dapat berubah, dan menerima adanya masukan sehingga dikenal sebuah istilah yang bernama akulturasi.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli


Untuk lebih jelas, berikut adalah beberapa definisi budaya menurut para ahli.

Baca juga: Unsur Kebudayaan Indonesia Menurut Coedes dan Dr Brandes

1. Budaya Menurut Koentjaraningrat


Budaya adalah suatu sistem gagasan dan rasa, tindakan serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang dijadikan miliknya dengan belajar.

2. Budaya Menurut E.B. Taylor


Budaya adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang dipelajari manusia sebagai anggota masyarakat.

3. Budaya Menurut Kluckhohn dan Kelly


Budaya adalah semua rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik yang eksplisit maupun implisit, rasional, irasional, yang ada pada suatu waktu, sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia.

4. Budaya Menurut Linton


Budaya adalah keseluruhan dari pengetahuan, sikap dan pola perilaku yang merupakan kebiasaan yang dimiliki dan diwariskan oleh anggota suatu masyarakat tertentu.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia


Budaya diartikan sebagai pikiran, akal budi atau adat-istiadat. Secara tata bahasa, pengertian kebudayaan diturunkan dari kata budaya yang cenderung menunjuk pada pola pikir manusia.
Baca juga: Sejarah Kebudayaan Indonesia

Sifat Sifat Budaya


1. Etnosentis


Sifat etnosentris adalah sebuah sifat kebudayaan merasa bahwa kebudayaannya adalah yang terbaik, jika dibandingkan dengan budaya-budaya yang lainnya. Etnosentrisme cenderung memandang rendah orang-orang yang dianggap asing, etnosentrisme memandang dan mengukur budaya asing dengan budayanya sendiri.

2. Universal


Kebudayaan universal adalah kebudayaan yang selalu mencari jawaban atas problematika masyarakat, bukan apologi terhadap kesenian, tidak pula apriori terhadap politisasi massa. Tetapi, lebih merujuk pada rasionalitas untuk menjangkau perkembangan masyarakat majemuk Indonesia di masa depan.

3. Akulturasi


Akulturasi adalah suatu proses sosial yang muncul manakala suatu kelompok manusia dan kebudayaan tertentu bertemu dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Lambat laun, kebudayaan asing itu akan diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri menghilangkan unsur kebudayaan kelompok itu sendiri. Singkatnya, akulturasi bisa disebut sebagai campuran dua budaya yang membentuk sebuah budaya baru.

Baca juga: Pengertian Antropologi Budaya Menurut Teori Sastra

4. Adaptif


Sifat adaptif beranggapan bahwa kebudayaan adalah suatu mekansime yang dapat menyesuaikan diri. Kebudayaan adalah sebuah keberhasilan mekanisme bagi setiap manusia. Lantas, kebudayaan memberi manusia sebuah keuntungan selektif yang beguna untuk bertahan hidup terhadap bentuk kehidupan yang lain.

5. Dinamis


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebudayaan itu tidak statis, tapi dinamis yang selalu berubah-ubah. Sebab, semakin hari akan ada unsur baru yang bisa bersahat dengna kebudayaan, bahkan bisa menggerus posisinya. Maka dari itu, lingkungan juga berpengaruh dalam perubahan kebudayaan secara lambat laun.

Itulah beberapa pengertian budaya dan sifat kebudayaan menurut para ahli yang harus kita ketahui sebagai manusia yang sadar akan kebudayaan.