Header Ads Widget

7 Pengertian Etnolinguistik Menurut Para Ahli

etnolinguistik
source: pexels.com/Eliza Craciunescu

Pengertian Etnolinguistik

Etnolinguistik adalah ilmu yang menelaah tentang bahasa dalam konteks situasi sosial budaya dengan melihat ciri-ciri dan tata bahasa dari persebarannya.

Menurut KBBI, etnolinguistik adalah cabang linguistik yang menyelidiki hubungan antara bahasa dan masyarakat pedesaan atau masyarakat yang belum mempunyai tulisan.

Baca juga: Pengertian Semantik Menurut Kajian Para Ahli

Pengertian Etnolinguistik Menurut Para Ahli

1. Menurut Kridalaksana (1983: 42)

Pengertian etnolinguistik adalah:

  1. Cabang linguistik yang menyelidiki hubungan antara bahasa dan masyarakat pedesaan atau masyarakat yang belum mempunyai tulisan, bidang ini juga disebut linguistik antropologi.
  2. Cabang linguistik antropologi yang menyelidiki hubungan bahasa dan sikap kebahasawan terhadap bahasa, salah satu aspek etnolinguistik yang sangat menonjol ialah masalah relavitas bahasa.

2. Menurut Abdullah (2013:10)

Etnolinguistik adalah jenis linguistik yang menaruh perhatian terhadap dimensi bahasa (kosakata, frasa, klausa, wacana, unit-unit lingual lainnya) dalam dimensi sosial dan budaya (seperti upacara ritual, peristiwa budaya, folklor dan lainnya) yang lebih luas untuk memajukan dan mempertahankan praktik-praktik budaya dan struktur sosial masyarakat.

3. Menurut Duranti (1997)

Mengemukakan bahwa bahwa etnolinguistik adalah kajian bahasa dan budaya yang merupakan subbidang utama dari antropologi.

4. Menurut Putra (1997)

Dalam makalah "Temu Ilmiah Bahasa dan Sastra berjudul Etnolinguistik: Beberapa Bentuk Kajian" mengemukakan bahwa etnolinguistik secara etimologis terbentuk dari kata etnologi dan linguistik.

Untuk mengetahui arti etnologi baca di sini: Pengertian Etnografi Menurut Para Ahli

Untuk mengetahui arti linguistik baca di sini: Linguistik: Pengertian, Subdisiplin, dan Manfaatnya

5. Menurut Foley (2001:3)

Etnolinguistik memandang bahasa melalui sudut pandang konsep antropologi yang berupa budaya sehingga kajian etnolinguistik dapat mengungkap makna dibalik penggunaan, penyalahgunaan ataupun bukan penyalahgunaan bahasa, bentuk yang berbeda dari suatu bahasa, register, dan gaya bahasa.

6. Menurut Haugen dalam Aron, (2007: 10)

Menyatakan bahwa etnolinguistik merupakan satu kajian dari sepuluh kajian ekologi bahasa yang sudah mapan.

Haugen mengartikan bahwa etnolinguistik atau linguistik antropologi atau linguistik kultural membedah pilih-memilih penggunaan bahasa, cara dan pola pikir dalam kaitan dengan pola penggunaan bahasa, bahasa-bahasa ritual, dan kreasi wacana.

Baca juga: 10 Pengertian Pragmatik Menurut Para Ahli

7. Menurut Ensiklopedia Britanica (2016)

Etnolinguistik sebenarnya adalah cabang dari ilmu antropolinguistik yang mengkaji hubungan antara bahasa dan prilaku atau aktifitas budaya penuturnya.