10 Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tak Membengkak

cara menghemat listrik

Cara menghemat listrik (pexels.com/Rodolfo Clix)

Menghemat listrik merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar tagihan listrik tidak membengkak dan juga untuk membantu menjaga lingkungan.

Menghemat listrik adalah upaya untuk mengurangi penggunaan energi listrik di rumah atau tempat kerja.

Hal ini dilakukan dengan cara mengoptimalkan penggunaan peralatan elektronik atau memilih peralatan yang hemat energi.

Baca juga: 7 Cara Mengurangi Pemanasan Global yang Bisa Diterapkan Sehari-Hari

Cara Menghemat Listrik

Berikut ini adalah beberapa cara menghemat listrik di rumah yang bisa kita lakukan.

1. Matikan peralatan listrik yang tidak digunakan. Pastikan untuk mematikan lampu, televisi, dan peralatan elektronik lainnya ketika tidak digunakan.

2. Gunakan lampu hemat energi atau lampu LED. Lampu jenis ini dapat menghemat energi hingga 75% dibandingkan dengan lampu pijar.

3. Gunakan alat elektronik yang hemat energi. Pilihlah alat elektronik yang memiliki label energi A atau A+. Alat elektronik yang memiliki label energi tersebut lebih hemat energi dan efisien.

Baca juga: Beberapa Cara Transfer Pulsa Indosat dan Syaratnya

4. Kurangi penggunaan AC. Gunakan AC hanya ketika diperlukan dan pastikan suhu yang diatur tidak terlalu rendah. Gunakan kipas angin atau buka jendela jika memungkinkan.

5. Gunakan alat listrik secara bergiliran. Hindari penggunaan alat listrik yang membutuhkan daya besar seperti oven atau rice cooker secara bersamaan.

6. Bersihkan peralatan listrik secara teratur. Debu dan kotoran pada peralatan listrik dapat menghambat sirkulasi udara dan membuat peralatan bekerja lebih berat.

7. Gunakan power strip atau steker multipleks. Alat ini dapat membantu menghemat energi dengan mematikan beberapa peralatan listrik sekaligus dengan hanya menekan satu tombol.

8. Gunakan alat listrik pada waktu yang tepat. Hindari menggunakan alat listrik pada puncak waktu beban listrik, yaitu pada pukul 17.00 hingga 22.00. Gunakan alat listrik pada waktu yang lebih sepi seperti pagi atau siang hari.

Baca juga: 10 Cara Mengurangi Sampah Plastik untuk Menjaga Lingkungan

9. Gunakan panel surya. Jika memungkinkan, gunakan panel surya untuk menghasilkan listrik secara mandiri dan mengurangi ketergantungan pada PLN.

10. Periksa instalasi listrik secara berkala. Pastikan instalasi listrik di rumah sudah memenuhi standar keselamatan dan tidak ada kabel yang terkelupas atau rusak.

Itulah beberapa cara menghemat listrik yang bisa kita terapkan untuk menghemat penggunaan listrik di rumah dan juga membantu mengurangi biaya tagihan listrik.