6 Cara Memakai Air Mawar dan Manfaatnya untuk Kecantikan

cara memakai air mawar

Cara memakai air mawar (pexels.com/Charlotte May)

Air mawar adalah air yang dihasilkan dari proses distilasi dari kelopak bunga mawar.

Air mawar biasanya digunakan sebagai bahan alami dalam perawatan kulit dan rambut karena memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit.

Selain itu, air mawar juga dikenal karena kandungan vitamin B dan C-nya yang dapat membantu menjaga kelembapan pada kulit.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Karet Kebo untuk Kesehatan dan Kecantikan

Aroma dari air mawar juga memiliki efek menenangkan pada pikiran dan dapat membantu meredakan stres dan kecemasan.

Cara Memakai Air Mawar

Karena manfaatnya yang banyak, air mawar menjadi bahan alami yang populer digunakan dalam perawatan kecantikan. Berikut adalah beberapa cara memakai air mawar:

1. Sebagai toner wajah

Setelah membersihkan wajah, oleskan air mawar dengan kapas ke seluruh wajah sebagai toner alami. Air mawar dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit dan memberikan efek menenangkan.

2. Sebagai pengharum ruangan

Campurkan air mawar dengan air bersih dalam botol semprot dan semprotkan ke ruangan. Air mawar memiliki aroma yang menenangkan dan dapat membantu membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman.

Baca juga: 10 Manfaat Masker Kunyit dan Madu Beserta Cara Membuatnya

3. Sebagai bahan campuran masker wajah

Campurkan air mawar dengan bahan-bahan masker wajah seperti clay atau oatmeal untuk memberikan efek menenangkan pada kulit.

4. Sebagai semprotan penyegar rambut

Campurkan air mawar dengan air bersih dalam botol semprot dan semprotkan pada rambut untuk memberikan efek penyegar dan menenangkan pada kulit kepala.

5. Sebagai pembersih makeup

Air mawar juga bisa dipakai untuk membersihkan bekas makeup. Caranya, campurkan 2 sendok air mawar dengan sedikit minyak kelapa, kemudian gunakan kapas untuk membersihkan bekas riasan.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Mata Sembab, Praktis dan Efektif

6. Sebagai penghilang kantung mata

Basahi kapas dengan air mawar dan tempelkan pada area mata selama 10-15 menit. Ini akan membantu menghilangkan kantung mata dan memberikan kesegaran pada area mata.

Manfaat Air Mawar

Selain itu, terdapat beberapa manfaat air mawar untuk kesehatan dan kecantikan. Adapun manfaatnya sebagai berikut:

1. Mengurangi peradangan pada kulit: Air mawar memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

2. Menyeimbangkan pH kulit: Air mawar memiliki pH yang seimbang dengan kulit manusia sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan pH pada kulit.

3. Menjaga kelembapan kulit: Air mawar mengandung vitamin B dan C yang dapat membantu menjaga kelembapan pada kulit.

4. Menghilangkan kotoran pada kulit: Air mawar dapat membantu membersihkan kotoran dan sisa makeup pada kulit dengan lembut.

5. Meredakan stres dan kecemasan: Aroma dari air mawar memiliki efek menenangkan pada pikiran dan dapat membantu meredakan stres dan kecemasan.

Baca juga: Cara Membuat Lulur Alami dari Beras dan Tips Memakainya

Namun, sebelum menggunakan air mawar, pastikan untuk memeriksa alergi terlebih dahulu dan gunakan dalam jumlah yang tepat agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit.