7 Cara Mengurangi Pemanasan Global yang Bisa Diterapkan Sehari-Hari

Cara Mengurangi Pemanasan Global

Cara Mengurangi Pemanasan Global (Pexels.com/Marek Piwnicki)

Pemanasan global adalah fenomena peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi dan lautan secara bertahap dalam beberapa dekade terakhir.

Hal tersebut akibat aktivitas manusia yang menghasilkan gas rumah kaca seperti karbon dioksida, metana, dan nitrogen oksida.

Tentu efeknya menyebabkan perubahan iklim yang signifikan seperti peningkatan suhu rata-rata global, peningkatan intensitas dan frekuensi bencana alam, pencairan es di Kutub Utara dan Selatan, dan kenaikan permukaan laut.

Baca juga: 8 Penyebab Pencemaran Udara dan Pencegahannya

Cara Mengurangi Pemanasan Global

Dampak dari pemanasan global sangat serius dan dapat membahayakan kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan di seluruh dunia.

Pemanasan global atau global warming adalah masalah lingkungan yang sangat penting dan harus diatasi secara serius.

Ada beberapa cara mengurangi pemanasan global yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, berikut diantaranya.

1. Hemat energi:

Hemat energi dengan mematikan alat elektronik yang tidak digunakan, seperti mematikan lampu di siang hari, menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan, dan mengurangi penggunaan AC atau pemanas ruangan.

2. Mengurangi emisi karbon

Emisi karbon dapat dikurangi dengan memilih bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, seperti biofuel atau listrik yang dihasilkan dari energi terbaru, serta mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan beralih ke transportasi alternatif, seperti sepeda atau berjalan kaki.

Baca juga: 6 Perbedaan Hidup di Kota dan di Desa, Kamu Pilih yang Mana?

3. Mengurangi limbah

Memilih bahan yang dapat didaur ulang dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai juga dapat membantu mengurangi limbah dan emisi gas rumah kaca.

4. Mengurangi polusi

Menjaga kualitas udara dan air dengan mengurangi polusi, seperti menghindari pembakaran sampah, memilih kendaraan yang lebih bersih, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

5. Mengurangi deforestasi

Cara mengurangi pemanasan global juga dapat dengan menjaga hutan dan mengurangi deforestasi.

6. Mengubah pola konsumsi

Pola konsumsi yang berlebihan juga dapat menyebabkan pemanasan global.

Oleh karena itu, mengubah pola konsumsi dengan mengurangi pembelian produk yang tidak diperlukan, memilih produk yang ramah lingkungan, dan mendaur ulang produk yang sudah tidak digunakan dapat membantu mengurangi pemanasan global.

7. Menanam pohon

Pohon dapat menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, sehingga menanam pohon dapat membantu mengurangi pemanasan global.

Dalam mengurangi pemanasan global, setiap orang memiliki peran penting untuk melakukan tindakan yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, pemerintah dan perusahaan juga harus berperan dalam mengambil tindakan nyata untuk mengurangi pemanasan global melalui kebijakan dan inovasi teknologi yang ramah lingkungan.