7 Contoh Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

Contoh Sumber Daya Alam

Contoh Sumber Daya Alam (Pexels.com/pixabay)

Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam (SDA) adalah bahan-bahan yang dihasilkan dari alam dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Namun, penggunaan yang tidak tepat dan eksploitasi berlebihan atas Sumber Daya Alam dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan, kelangkaan bahan pangan, dan konflik antara masyarakat yang memperebutkan Sumber Daya Alam.

{inAds}

Oleh karena itu, perlu adanya pengelolaan yang baik dan bijak atas Sumber Daya Alam agar dapat dimanfaatkan secara efektif tanpa merusak lingkungan dan menyebabkan terjadinya konflik.

Baca juga: Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Contoh Sumber Daya Alam

Berikut adalah beberapa contoh sumber daya alam:

1. Mineral: Bijih logam seperti besi, tembaga, dan emas, serta mineral non-logam seperti garam, batu kapur, dan batubara.

2. Air: Sumber daya alam yang paling penting dan vital bagi kehidupan manusia untuk minum, pertanian, industri, dan keperluan domestik.

3. Hutan: Sumber daya alam yang menghasilkan kayu dan kayu bakar, serta berfungsi sebagai tempat hidup bagi berbagai jenis flora dan fauna.

{inAds}

4. Tanah: Sumber daya alam yang menjadi tempat tumbuhnya tanaman dan bahan mentah untuk industri pertanian.

5. Udara: Sumber daya alam yang penting bagi kehidupan manusia dan hewan, serta berfungsi sebagai media transportasi bagi polutan dan energi.

Baca juga: 6 Contoh Kearifan Lokal dalam Bidang Pertanian

6. Sumber daya energi terbarukan: Seperti energi matahari, angin, dan air terjun, yang dapat digunakan sebagai sumber energi yang ramah lingkungan.

7. Sumber daya ikan dan hewan: Seperti ikan, daging, susu, dan kulit hewan yang digunakan untuk makanan, pakaian, dan bahan lainnya.