Header Ads Widget

10 Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli

pengertian negosiasi menurut para ahli
Source: pexels.com/pavel danilyuk

Negosiasi berasal dari bahasa Inggris "negotiation" yang artinya perundingan.

Secara umum, negosiasi dapat diartikan sebagai perundingan antara dua orang atau lebih untuk mencapai kesepakatan bersama agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Baca juga: Apa yang dilakukan jika musyawarah tidak mencapai mufakat?

Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian negosiasi menurut para ahli adalah sebagai berikut

1. Robbins (2003)

Mengartikan negosiasi adalah sebuah proses yang di dalamnya dua pihak atau lebih bertukar barang dan jasa dan berupaya menyepakati tingkat kerjasama tersebut bagi mereka.

2. Jackman (2005)

Pengertian negosiasi adalah sebuah proses yang terjadi antara dua pihak atau lebih yang pada mulanya memiliki pemikiran berbeda, hingga akhirnya mencapai kesepakatan.

Baca juga: 7 Pengertian Intelektual Menurut Para Ahli

3. Oliver (dalam Purwanto, 2006)

Negosiasi adalah sebuah transaksi dimana kedua belah pihak mempunyai hak atas hasil akhir.

4. Ross (2008: 6)

Negosiasi adalah jumlah dari semua cara kita menyampaikan informasi tentang apa yang kita inginkan, apa yang kita dambakan, dan apa yang kita harapkan dari orang lain.

5. Lumumba (2013: 10)

Negosiasi adalah sebuah proses karena harus ada aktifitas didalamnya. Proses yang dimaksud adalah proses kompleks. Dalam proses tersebut, harus terdapat dua pihak yang bernegosiasi apakah yang bersifat individual maupun kolektif.

Selain itu, itu juga harus terdapat perbedaan yang mungkin bernuansa persaingan, konflik atau bahkan perang sebagai dasar untuk bernegosiasi. Karena kalau tidak terdapat perbedaan maka tidak ada dasar untuk bernegosiasi.

6. Goodpaster (Agnesia 2014: 17)

Menyatakan bahwa negosiasi adalah proses interaksi dan komunikasi yang dinamis dan beraneka ragam, mengandung seni dan penuh rahasia untuk mencapai suatu tujuan yang dianggap menguntungkan para pihak.

Baca juga: 11 Pengertian Keadilan Menurut Para Ahli

7. Baguley (2000)

Dijelaskan tentang definisi negosiasi yaitu suatu cara untuk menetapkan keputusan yang dapat disepakati dan diterima oleh dua pihak dan menyetujui apa dan bagaimana tindakan yang akan dilakukan di masa mendatang.

8. Alwi (2008: 778)

Negosiasi adalah tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain.

9. Kosasih (2014:86)

Mengungkapkan teks negosiasi bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan berbeda.

Baca juga: 9 Pengertian Definisi Formal Menurut Para Ahli

10. Mulyadi (2016:147)

Negosiasi berasal dari kata to negotiate, tobe negotiating dalam bahasa Inggris yang berarti “merundingkan, membicarakan kemungkinan tentang suatu kondisi, dan atau menawar”.

Kata-kata turunannya antara lain “negotiation” yang berarti “menunjukkan suatu proses atau aktivitas untuk merundingkan, membicarakan sesuatu hal untuk disepakati dengan orang lain”.

Dan “negotiable” yang berarti “dapat dirundingkan, dapat dibicarakan, dapat ditawar.