Header Ads Widget

9 Pengertian Definisi Formal Menurut Para Ahli

Pengertian Definisi Formal Menurut Para Ahli

Pengertian Definisi Formal Menurut Para Ahli

1. Axin (Suprijanto, 2009: 6)

Mendefinisikan pendidikan formal adalah kegiatan belajar yang disengaja, baik oleh warga belajar maupun pembelajarannya di dalam suatu latar yang distruktur sekolah.

2. Menurut Faisal (Suprijanto, 2009: 6)

Berpendapat bahwa pendidikan formal adalah pendidikan sistem persekolahaan. 

3. Trommsdorff dan Dassen (2001)

Pendidikan formal ialah model pendidikan yang mengikuti tren ‘model barat’, terdiri dari instruksi sistematis dalam pengetahuan dan juga keterampilan ‘universal’, yang disediakan pada waktu serta tempat yang sudah diatur sebelumnya oleh para ahlinya.

Baca juga: 10 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

4. Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003

Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi.

5. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pendidikan Formal adalah segenap bentuk pendidikan atau pelatihan yang diberikan  secara terorganisasi dan berjenjang, baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus.

6. Menurut Dr. Nanang Fattah

Pendidikan adalah proses seseorang mengembangkan kemampuan, sikap, dan tingkah laku lainnya di dalam masyarakat tempat mereka lahir.

7. Faud Ihsan, 2010

Pendidikan adalah usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengn nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan.

Baca juga: 10 Pengertian Pragmatik Menurut Para Ahli

8. Notoatmojdo, 2003

Pendidikan secara umum adalah segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan.

9. Mudyaharjo, 2008

Pendidikan adalah usaha dasar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan/atau latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat, untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang.