Header Ads Widget

7 Pengertian Intelektual Menurut Para Ahli

Pengertian Intelektual Menurut Para Ahli


Pengertian intelektual menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah cerdas, berakal, dan berpikiran jernih berdasarkan ilmu pengetahuan; mempunyai kecerdasan yang tinggi; cendekiawan; totalitas pengertian atau kesadaran, terutama yang menyangkut pemikiran dan pemahaman. Sementara pengertian intelektual secara umum adalah kecakapan berpikir.

Pengertian Intelektual Menurut Para Ahli

Adapun pengertian intelektual menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Saifudin Azwar

Mengungkapkan intelektual merupakan kekuatan jiwa pada setiap manusia, yang berarti kekuatan yang bisa memberikan energi dalam pikiran individu.

2. Abdul Rahman Saleh dan Muhbib Abdul Wahab

Berpendapat intelektual sebagai kemampuan yang dibawa seseorang sejak lahir yang memungkinkan seseorang melakukan sesuatu dengan cara tertentu; atau suatu kemampuan yang bersifat umum seperti berpikir, menalar, matematis, memahami, mengingat bahasa, dan lain-lain.

3. Stenberg

Intelektual merupakan suatu kekuatan jiwa pada setiap individu; kekuatan yang mampu memberikan energi dalam pikiran manusia, kemampuan belajar dan mengambil manfaat dari pengalaman, kemampuan berpikir atau menalar secara abstrak, kemampuan untuk beradaptasi terhadap hal hal yang timbul dari perubahan lingkungan, kemampuan memotivasi diri agar menyelesaikan secara tepat tugas-tugas yang perlu diselesaikan.

4. Cattel (dalam Clark, 1983)

Pengertian intelektual adalah kombinasi sifat-sifat manusia yang terlihat dalam kemampuan memahami hubungan yang lebih kompleks, semua proses berfikir abstrak, menyesuaikan diri dalam pemecahan masalah dan kemampuan memperoleh kemampuan baru.

5. William Sterm (dalam Sunarto, 1994)

Mengemukakan intelektual merupakan kesanggupan untuk menyesuaikan diri kepada kebutuhan-kebutuhan–kebutuhan baru dengan menggunakan alat berfikir sesuai dengan tujuannya.

6. Gunarsa (1991)

Intelektual merupakan suatu kumpulan kemampuan seseorang untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan mengamalkannya dalam hubungannya dengan lingkungan dan masalah-masalah yang timbul.

7. David Wechsler (dalam Saifuddin Azwar, 1996)

Mendefinisikan intelektual sebagai kumpulan atau totalitas kemampuan seseorang untuk bertindak dengan tujuan tertentu, berpikir secara rasional, serta menghadapi lingkungan secara efektif.