Header Ads Widget

10 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Para Ahli

pengertian penelitian tindakan kelas


Dalam beberapa literatur bahasa Inggris, PTK tersebut memiliki beberapa nama yang berbeda, meskipun konsepnya sama. Nama-nama tersebut adalah classroom research (Hopkins, 1993), self-reflective enquiry (Kemmis, 1982), dan action research (Hustler et al, 1986). Di Indonesia, istilah yang populer digunakan untuk PTK adalah classroom action research.

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

1. Suharsimi Arikunto (2010)

Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah subjek yang menjadi sasaran yaitu peserta didik, bertujuan memperbaiki situasi pembelajaran di kelas agar terjadi peningkatkan kualitas pembelajaran.

2. Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama (2011:9)

Menyatakan penelitian tindakan kelas adalah penelitian (action research) yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dan memiliki rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan-risettindakan...”, yang dilakukan dalam rangkaian untuk memecahkan masalah.

3. Mills (2000)

Penelitian tindakan kelas sebagai “systematic inquiry” yang dilakukan oleh guru, kepada sekolah, atau konselor sekolah guna mengumpulkan berbagai macam informasi tentang berbagai praktek yang dilakukan. Dimana informasi ini digunakan untuk meningkatkan persepsi serta pengembangan “reflective practice” yang berdampak postif dalam praktik persekolahan, termasuk memperbaiki berbagai macam praktik persekolahan, seperti hasil belajar siswa.

4. Hopkins (2010)

Menurutnya, pengertian penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang berkaitan dengan isu-isu seputar profesionalisme, praktik di kelas, kontrol terhadap guru, serta dianggap memiliki banyak manfaat terhdap dunia pendidikan.

5. Igak Wardani (2011)

Definisi Penelitian Tindakan Kelas penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kenerjanya sebagai guru, sehingga diharapatkan tujuan Penelitian Tindakan Kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa, atau peserta didik.

6. Sulipan, M.Pd

Menurutnya, PTK atau penelitian tindakan kelas adalah suatu jenis penilian yang dilakukan oleh seorang peneliti di dalam kelas guna mengetahui berbagai faktor tindakan yang dilakukan akibat metode dalam pendidikan.

7. Kunandar (2008)

Dalam bukunya, mendefinsiiakn bahwa Penelitian Tindakan adalah suatu jenis kegiatan penelitian yang dilakukan oleh tenaga pendidik (guru) yang berguna untuk meningkatkan mutu pendiidkan di dalam kelas.

8. Suhardjono (2007)

Dalam penjelasannnya, PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh seseorang di ruang kelas sehingga mampu memperbaiki praktek pembelajaran yang dilakukannnya.

9. Aqib dkk. (2011, hlm. 3) 

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat.

10. Suroso (2009: 30)

Pengertian PTK adalah suatu penelitian yang bersifat reflektif, untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas secara profesional dengan menggunakan tindakan-tindakan tertentu.