Header Ads Widget

Pengertian Seni Rupa Terapan Dan Contohnya

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah benda dari hasil karya seni rupa yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Definisi lain seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang dibuat dengan sengaja untuk membantu aktivitas manusia. Seni rupa terapan ini terbagi menjadi dua, yakni seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi.

Karya seni rupa terapan dua dimensi (dwimatra)

Karya seni rupa terapan dua dimensi, yaitu karya seni rupa yang mempunyai ukuran panjang dan lebar dan hanya bisa dilihat dari satu arah. Misalnya : wayang kulit, tenun, bordir, dan batik.

Karya seni rupa terapan tiga dimensi (trimatra)

Karya seni rupa terapan tiga dimensi, yaitu karya seni rupa yang dapat dilihat dari segala arah dan memiliki volume (ruang). Misalnya : Teknik cetak, Teknik pahat/ukir, Teknik tempa, Teknik anyaman.

Jenis Seni Rupa Terapan

Adapun jenis seni rupa terapan yang ada di kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Arsitektur

Arsitektur adalah salah satu jenis seni terapan yang berfungsi untuk merancang bangunan, baik secara fungsi maupun estetikanya. Contohnya seperti rumah, tempat ibadah, tempat kerja, dan sebagainya.

2. Ilustrasi

Seni ilustrasi adalah karya berbentuk gambar atau foto, fungsinya untuk menjelaskan suatu naskah. Dalam praktiknya, seni ilustrasi bisa kita jumpai pada koran, majalah, buku, poster, dan sebagainya.

3. Kriya

Seni kriya adalah ketrampilan tangan yang berfungsi untuk membantu aktivitas kehidupan sehari-hari. Contoh dari seni terapan kriya seperti piring, teko, vas, asbak, dan sebagainya.

4. Dekorasi

Seni dekorasi merupakan jenis seni terapan yang berfungsi untuk merias ruangan menjadi lebih indah. Misalnya ketika pada acara pernikahan, pameran dan acara lainnya.

5. Grafis

Seni terapan grafis atau desain termasuk ke dalam seni rupa yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi. Proses pembuatannya menggunakan teknik cetak, seperti brosur, desain kemasan, dan sebagainya.
karya