Header Ads Widget

10 Pengertian Miskonsepsi Menurut Para Ahli

Pengertian Miskonsepsi

Pengertian miskonsepsi adalah pemahaman yang salah atau tidak sesuai dengan suatu konsep tertentu. Miskonsepsi adalah suatu pemikiran siswa yang salah atau bertentangan dengan teori ilmiah yang telah dikemukakan oleh para ahli dan sudah melekat dalam diri siswa itu sendiri.

Dalam definisi lain, pengertian miskonsepsi adalah ide atau pandangan yang keliru mengenai suatu konsep yang dipahami oleh seseorang yang tidak sesuai dengan konsep yang disepakati dan dianggap benar oleh para ahli.

Pengertian Miskonsepsi Menurut Para Ahli

1. Suparno (2005)

Miskonsepsi atau salah konsep adalah suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang diterima para pakar dalam bidang itu, bentuk miskonsepsi dapat berupa konsep awal, kesalahan, hubungan yang tidak benar antara konsep-konsep, pandangan yang naïf.

2. Jeanne (dalam Suparno, 2005)

Miskonsepsi adalah kepercayaan yang tidak sesuai dengan penjelasan yang diterima umum dan terbukti sahih tentang suatu fenomena atau peristiwa.

3. Suwarto (2013:76-77)

Menambahkan miskonsepsi adalah konsep yang tidak cocok dengan konsep para ilmuwan. Konsep tersebut dibangun berdasarkan akal sehat terhadap pengalaman sehari-hari dan dan pengetahuan.

4. Dykstra (2016:27)

Miskonsepsi adalah ketidakpahaman siswa terhadap suatu konsep karena berdasarkan pengalaman pribadi dan pemikirannya saja.

5. Brown (dalam Suparno, 2005)

Menjelaskan miskonsepsi merupakan suatu pandangan yang naif dan mendefinisikan sebagai gagasan yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah yang sekarang diterima.

6. Ormrod (2009)

Menyatakan bahwa miskonsepsi adalah kepercayaan yang tidak sesuai dengan penjelasan yang diterima umum dan memang sudah terbukti sahih tentang sesuatu.

7. Saleem Hasan (1999)

Miskonsepsi sebagai struktur kognitif (pemahaman) yang berbeda dari pemahaman yang telah ada dan diterima di lapangan, dan struktur kognitif ini dapat mengganggu penerimaan ilmu pengetahuan yang baru.

8. Kustiyah (2007)

Miskonsepsi adalah kesalahan dalam memahami suatu konsep yang ditunjukkan dengan kesalahan dalam menjelaskan dalam bahasanya sendiri.

9. Feldsine (dalam Suparno, 2005)

Miskonsepsi adalah suatu kesalahan dan hubungan yang tidak benar antara konsep-konsep.

10. Fowler (dalam Suparno, 2005)

Miskonsepsi sebagai pengertian yang tidak akurat akan konsep. Penggunaan konsep yang salah. Klasifikasi contoh-contoh yang salah. Kekacauan konsep-konsep yang berbeda, dan hubungan hirarki konsep-konsep yang tidak benar.