Header Ads Widget

10 Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

pengertian pasar

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

1. Menurut William J Stanton

Pengertian pasar adalah sekumpulan orang yang mempunyai keinginan untuk meraih kepuasan dengan menggunakan uang untuk berbelanja dan mempunyai kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

2. Menurut Simamora

Pasar adalah sekumpulan orang yang mempunyai kebutuhan dan keinginan terhadap suatu produk tertentu, mempunyai kemauan dan kemampuan untuk membeli produk tersebut dan mempunyai kesempatan untuk memutuskan membeli suatu produk.

3. Menurut Santoso (2017)

Pasar sebagai tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu, baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan pasar tradisional, pertokoan, mall, plaza, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya.

4. Kotler dan Amstrong

Kotler dan Amstrong berpendapat bahwa pengertian pasar merupakan seperangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu produk atau jasa. 

5. Menurut Mankiw (2007)

Pasar adalah sekumpulan pembeli dan penjual dari sebuah barang atau jasa tertentu

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian pasar menurut KBBI adalah tempat sekumpulan orang yang melakukan transaksi jual beli. Pasar merupakan suatu tempat yang digunakan untuk jual beli yang diselenggarakan oleh suatu organisasi atau perkumpulan dengan maksud untuk dapat mencari derma.

7. Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 23/MPP/Kep/1/1998

Menurut Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 23/MPP/Kep/1/1998 tentang lembaga-lembaga usaha perdagangan, pasar didefinisikan sebagai tempat bertemunya pihak penjual dan pihak pembeli untuk melaksanakan transaksi dimana proses jual beli terbentuk, yang menurut kelas mutu pelayanan, dapat digolongkan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.

8. Menurut Wikipedia

Pengertian pasar adalah sebuah hubungan sosial, sistem, prosedur, institusi, dan infrastruktur di mana terdapat sebuah usaha dalam menjual barang dan jasa serta tenaga kerja untuk sekumpulan orang dengan imbalan yang berupa uang.

9. Handri Ma’aruf

Kata “pasar” mempunyai 3 pengertian, antara lain :
  • 1) Pasar dalam arti “tempat”, merupakan sebuah tempat untuk bertemunya para penjual dengan pembeli.
  • 2) Pasar dalam arti “penawaran serta permintaan”, merupakan pasar sebagai tempat terjadinya kegiatan transaksi jual beli.
  • 3) Pasar dalam arti “sekumpulan anggota masyarakat yang mempunyai kebutuhan serta daya beli“, lebih merujuk pada 2 hal, yaitu daya beli dan kebutuhan. Pasar merupakan sekumpulan orang yang berusaha untuk mendapatkan jasa atau barang serta mempunyai kemampuan untuk membeli barang tersebut. 

10.  Ehrenberg et al. (2003)

Pasar adalah tempat perjumpaan antara pembeli dan penjual. Barang atau jasa sebagai produk yang dipertukarkan oleh pembeli dan penjual. Dalam pertukaran itu muncul harga atas barang atau jasa yang dipertukarkan.