Header Ads Widget

13 Pengertian Software Menurut Para Ahli

Pengertian Software Menurut Para Ahli

1. Melwin (2007)

Perangkat lunak atau software itu sendiri merupakan sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan semua instruksi yang mengarah kepada sebuah sistem komputer. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa sebuah perangkat lunak merupakan sebuah perangkat yang menjembatani interaksi user dengan komputer yang menggunakan bahasa mesin.

2. Roger . S. (2002)

Software atau perangkat lunak adalah suatu perintah program dalam sebuah komputer, yang apabila dieksekusi oleh usernya dapat memberikan fungsi dan juga unjuk kerja yang diinginkan oleh usernya. Pernyataan ini menggambarkan bahwa software atau perangkat lunak ini berfungsi untuk memerintah komputer, agar komputer tersebut dapat berfungsi secara optimal, sesuai dengan keinginan user atau brainware yang memberikan perintah kepadanya.

3. Sunarto, S,Kom

Software merupakan nyawa sebuah komputer sehingga komputer tidak dapat digunakan bila tidak dilengkapi dengan software.

4. Mulyani (2016)

Software adalah istilah umum yang digunakan untuk mendeskripsikan kumpulan program-program komputer yang terdiri dari prosedur-prosedur dan dokumentasi untuk melakukan tugas tertentu.

5. Al Bahra bin Ladjamudin (2006:3)

Menjelaskan bahwa perangkat lunak adalah objek tertentu yang dapat dijalankan seperti kode sumber, kode objek atau sebuah program yang lengkap.

6. Juntak Teamwork

Software merupakan konstruksi atau bangunan program yang telah disusun dan diatur sedemikian rupa, demi peruntukkan sebuah sistem kerja yang dijalankannya.

7 R. Wilman & Riyan

Software merupakan sebuah perangkat operasi kerja untuk menjalankan komponen hardware. Software bersifat maya, artinya software tidak terlihat, tetapi keberadaannya sangat dirasakan.

8. Wiwit Siswoutomo

Software merupakan nyawa dari sebuah komputer. Tanpa perangkat lunak, komputer hanya sebuah perangkat keras mati yang tidak ada gunanya.

9. Fauziah

Software adalah program untuk memasukkan data, mengecek data, menyimpan data, memperoleh data hasil, dan presentasi serta manipulasi data.

10. Wahana Komputer

Software adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware. Software dalam komputer meliputi sistem operasi dan aplikasi.

11. ITL Education Solutions Limited

Perangkat lunak atau software adalah istilah umum untuk koleksi data komputer dan instruksi yang terorganisir. Software bertanggung jawab untuk mengendalikan, mengintegrasikan dan mengelola komponen hardware dari sistem komputer untuk menyelesaikan tugas tugas tertentu.

12. Melwin Syafrizal Daulay (2007)

Pengertian software adalah suatu perangkat yang berfungsi ialah sebagai pengatur aktivitas kerja komputer serta seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer serta juga menjembatani interaksi antara user dengan komputer.

13. Imam Prayogo Pujiono

Pengertian perangkat lunak ini merupakan suatu program di dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa, yang apabila dijalankan akan memberikan perintah ke komputer/ hardware/ software lain di dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, serta juga tuntutan tertentu seperti yang diharapkan user.