Header Ads Widget

8 Pengertian Protokol Menurut Para Ahli

Pengertian Protokol Menurut Para Ahli

Pengertian Protokol Menurut Para Ahli

1. W.J.S. Poerwadarminta “Kamus Umum Bahasa Indonesia"

Protokol ialah (a) surat-surat resmi yang memuat hasil-hasil perundingan/persetujuan. (b) peraturan-peraturan upacara di Istana Kepala Negara, dan (c) berkenaan dengan penyambutan tamu-tamu Negara.

2. Menurut An English Indonesian Dictionary

Protokol adalah (a) lampiran pada perjanjian Negara, (b) laporan penelitian tentang rapat politik.

3. Badan Litbang Deplu RI “Pedoman Tertib Diplomatik dan Tertib Protokol II

Protokol berasal dari bahasa Yunani yaitu “pro tos” yang artinya lembar pertama dan “kola” yang artinya melekatkan. Jadi pada mulanya protokol berarti lembar pertama yang dilekatkan pada sesuatu dokumen berisi persetujuan yang bersifat nasional maupun internasional. Kemudian arti protokol berkembang sehingga arti dan pengertian protokol adalah catatan resmi yang dibuat pada akhir setiap sidang dan ditanda tangani oleh segenap peserta sidang, atau dapat disebut “perjanjian internasional”. Selain itu arti kata protokol adalah dokumen yang berisi hak-hak dan kewajiban, kelonggaran-kelonggaran dan kekebalan yang dimiliki oleh seorang Diplomat “protocole diplomatique atau protocole de chancellerie” yang dalam bahasa Indonesia dapat disimpulkan dalam “tata tertib pergaulan internasional, sopan santun diplomatic” atau dengan istilah lain “rules of international politeness”.

4. Buku Pedoman Protokol Negara (2005)

Protokol diartikan sebagai serangkaian aturan aturan keupacaraan dalam segala kegiatan resmi yang diatur secara tertulis maupun dipraktekkan, yang meliputi bentuk-bentuk penghormatan terhadap negara, jabatan kepala negara, atau jabatan menteri yang lazim dijumpai dalam kegiatan antar bangsa

5. Menurut Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1987

Protokol ”serangkaian aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan, sehubungan dengan penghormatan terhadap seseorang dengan dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam Negara, pemerintah, atau masyarakat”.

6. Wuryanto (1992)

Memberikan pengertian protokol adalah orang atau pejabat dengan segala tugasnya maupun segala altivitas yang bersifat resmi atau kenegaraan tertentu.

7. Milky Way

Protokol adalah sebuah standar yang mengatur terjadinya hubungan, komunikasi dan perpindahan data.

8. Kamus Besar Bahasa Indonesia

  • surat-surat resmi yang memuat hasil perundingan (persetujuan dan sebagainya)
  • peraturan upacara di istana kepala negara atau berkenaan dengan penyambutan tamu-tamu negara dan sebagainya
  • tata cara (upacara dan sebagainya) yang secara internasional berlaku dalam hubungan diplomatik
  • cak orang yang bertugas mengatur jalannya upacara
  • cak aturan yang mengatur peraturan pesan dalam jejaring komunikasi atau antara dua atau lebih peranti
  • rangkaian prosedur atau tindakan terperinci: