Header Ads Widget

Sejarah Kereta Api di Dunia

sejarah kereta api


Jalan rel yang biasa di sebut dengan jalur gerobak telah di gunakan di Jerman pada awal tahun 1550, jalan rel primitif ini terbuat dari kayu, dimana kuda dapat menarik gerbong nya lebih cepat di bandingkan dengan jalan yang beralaskan tanah, jalan rel untuk gerobak merupakan permulaan awal dari penggunaan jalan rel modern.

Pada tahun 1776 besi mulai menggantikan penggunaan kayu pada rel dan roda gerobak, jalur gerobak berevolusi menjadi jalur tram (trem), dan menyebar di seluruh daratan eropa. Kuda masih merupakan penggerak utama dari jenis kendaraan ini. Pada tahun 1789 William Jessup, seorang yang berkebangsaan Inggris mendesain roda bergelang seperti yang digunakan pada kereta masa kini, roda yang bergelang memungkin kan roda untuk mengcengkram rel lebih baik, ini merupakan design yang nanti nya dibawa dalam pembuatan desain lokomotif.

Penemuan dari mesin uap merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi penemuan jalan rel modern dan kereta api. Pada tahun 1803 seorang yang bernama Samuel Homfray, memutuskan untuk membiayai pengembangan dari kendaraan bertenaga uap untuk menggantikan penggunaan kuda pada jalur tram.

Richard Trevitchik (1722-1833) membangun kendaraan tersebut, lokomotif bertenaga uap pertama yang digunakan pada jalur tram, pada tanggal 22 februari 1804 lokomotif mengangkut 10 ton besi, 70 orang dan 5 gerbong ekstra, perjalanan sejauh 9 miles antara bengkel besi di Pen-y-Darron, di kota Merthyr Tydfil, Wales menuju sebuah bukit yang bernama Abercynnon, perjalanan tersebut menempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Pada tahun 1821 seorang berkebangsaan Inggris yaitu Julius Griffiths menjadi orang pertama yang mempatenkan jalur lokomotif untuk penumpang. Pada tahun 1825 The Stockton & Darlington Railroad Company, memulai penggunaan jalur kereta api untuk pengangkutan barang dan penumpang dengan menggunakan jadwal reguler, menggunakan lokomotif yang di design oleh seorang penemu Inggris bernama George Stephenson. Lokomotif George Stephenson menarik enam gerbong yang bermuatan batubara, dan 21 gerbong sejauh 9 miles, dan memakan waktu sekitar satu jam.

George Stephenson dianggap sebagai penemu dari mesin lokomotif uap pertama yang menggunakan jalur kereta api, sementara Richard Trevitchik di sebut sebagai penemu lokomotif jalur tram yang pertama, karena lokomotif jalur tram, di design untuk di gunakan di jalan raya, bukan di jalur kertea api. Stephenson merupakan seorang yang tumguh dalam kemiskinan dan hanya mendapatkan pendidikan formal yang sebentar, dia bekerja di penambang batu bara, yang memiliki hobi membaca dan menulis.

Pada tahun 1812 dia menjadi teknisi pembuat mesin batubara, dan pada tahun 1814 dia mulai membuat lokomotif untuk The Stockton & Darlington Railway, Stephenson disewa sebagai insinyur perusahaan dan dalam waktu yang singkat berhasil meyakinkan pemilik perusahaan untuk menggunakan jenis mesin bertenaga uap dan membangun jalur lokomotif yang dikenal dengan The Locomotion. Pada tahun 1825 Stephenson pindah ke Liverpool and Manchester Railway, bersama dengan anak nya Robert membangun The Rocket pada tahun 1826-1829.

Pada tahun 1831 Robert Stevens, anak dari Colonel John Stevens yang merupakan bapak kereta api Amerika mengunjungi Inggris dan mulai merakit kereta yang disebut dengan The Jonh Bull untuk Camden & Amboy Railroad di New Jersey, yang dibangun oleh mekanik Isaac Dripps, dimana dia tidak pernah melihat mesin uap sebelum nya, dan di bangun tanpa manual perakitan, dia merupakan mekanik yang pertama kali melengkapi kereta api dengan dengan bell, lampu dan peluit penangkap sapi.