Pengertian Prestasi Non Akademik, Contoh, dan Manfaatnya

prestasi non akademik

Prestasi non akademik (pexels.com/cottonbro studio)

Menjadi seseorang yang berprestasi dalam lingkungan sekolah adalah harapan setiap anak dan menjadi kebanggan orang tua.

Namun, setiap anak memiliki bakat serta keterampilan yang berbeda, sehingga ada jalur prestasi lain yang dapat ditempuh di luar sekolah, salah satunya adalah prestasi non akademik.

Baca juga: 7 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Pengertian Prestasi Non Akademik

Apa itu prestasi non akademik?

Secara definisi, pengertian prestasi non akademik adalah pencapaian di luar lingkup pendidikan formal dan akademik.

Jika dijelaskan, prestasi non akademik adalah pencapaian yang diperoleh siswa bukan dari hasil kompetisi akademik, tapi lebih kepada kegiatan di luar sekolah atau ekstrakurikuler yang diikuti.

Prestasi non akademik menunjukkan kemampuan individu untuk berhasil di luar aspek intelektual dan pelajaran di sekolah.

Bahkan, cakupan prestasi non akademik bisa lebih luas dan beragam daripada prestasi akademik. Sehingga prestasi non akademik juga tidak kalah membanggakan.

Jadi, berprestasi tidak hanya dapat diraih dalam lingkup sekolah saja, tapi juga bisa dalam bidang lain sesuai dengan bakat serta keterampilan yang dimiliki.

Baca juga: 10 Rahasia Pendidikan Finlandia Mencetak Siswa Berprestasi

contoh prestasi non akademik

Contoh prestasi non akademik (pexels.com/cottonbro studio)

Contoh Prestasi Non Akademik

Agar mengetahui lebih jelas tentang prestasi non akademik, simak beberapa contohnya berikut ini.

1. Prestasi Non Akademik Bidang Olahraga

Ketika pelajar memiliki bakat serta keterampilan cabang olahraga tertentu, maka ia dapat mengejar prestasi non akademik.

Semisal, ia jago bermain bola. Maka keterampilan tersebut dapat digunakan untuk mengikuti kompetisi di luar sekolah, baik tingkat kabupaten hingga nasional. Maka, itu termasuk sebagai prestasi non akademik.

2. Prestasi Non Akademik Bidang Seni

Contoh prestasi non akademik lainnya adalah di bidang seni. Semisal pelajar memiliki bakat menyanyi, musik, tari, teater, atau sastra.

Bakat tersebut hendaknya dikembangkan agar bisa mengikuti kompetisi untuk merebutkan penghargaan dalam festival seni.

Kemudian, ketika pelajar tampil di panggung besar atau pameran seni, itu sudah termasuk sebagai prestasi non akademik.

3. Prestasi Non Akademik Teknologi

Keahlian khusus yang dimiliki siswa tentang teknologi, seperti menjadi juara dalam lomba pemrograman atau kompetisi robotika adalah sebuah prestasi non akademik yang membanggakan.

4. Prestasi Non Akademik Bidang Agama

Kemudian, ketika pelajar mampu menghafal Alquran atau menguasai ilmu keagamaan, itu juga termasuk prestasi non akademik.

Prestasi tersebut dapat digunakan untuk kepentingan diri sendiri dan khalayak ramai sehingga harus terus didukung dengan mengajarkan ilmu agama yang lebih dalam.

5. Prestasi Non Akademik Bidang Komunikasi

Prestasi non akademik juga bisa berasal dari kemampuan seseorang dalam komunikasi, seperti keahlian pidato. Ada banyak lomba pidato yang dapat diikuti untuk meraih penghargaan.

Baca juga: 5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik dan Gratis

Manfaat Prestasi Non Akademik

Ada banyak manfaat yang didapatkan ketika seorang pelajar memiliki prestasi non akademik. Adapun manfaatnya sebagai berikut:

1. Mendaftar Perguruan Tinggi

Dengan prestasi non akademik, pelajar mendapat nilai lebih ketika ingin mendaftar di perguruan tinggi.

Sebab, perguruan tinggi memiliki beberapa jalur pendaftaran, salah satu lewat jalur prestasi non akademik.

2. Peluang Karier

Ada banyak perusahaan di Indonesia, baik negeri maupun swasta yang memprioritaskan prestasi non akademik untuk calon pegawai.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, pegawai yang memiliki bakat non akademik dapat membuat perusahaan bangga dan semakin dikenal di masyarakat luas.

Baca juga: 7 Cita-Cita yang Bagus Bagi Generasi Milenial dengan Upah Menjanjikan

3. Kebanggan Tersendiri

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memiliki prestasi adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Baik akademik maupun non akademik, semuanya adalah hal yang sangat membanggakan.

4. Menginspirasi Orang Lain

Ketika kita tidak terlalu pandai dalam urusan akademik, tapi berprestasi di bidang non akademik, maka kita dapat menjadi inspirasi bagi orang lain.

Sebab, masih banyak di luar sana yang kurang berprestasi dalam urusan akademik, tapi memiliki bakat lain.

Dengan prestasi non akademik yang kita dapatkan, itu akan menyalurkan energi kepada orang lain untuk menggeluti suatu bidang secara serius.

5. Sumber Penghasilan

Prestasi non akademik juga bisa menjadi sumber penghasilan. Misalnya kita memiliki bakat menulis, maka bakat tersebut bisa kita gunakan untuk mengikuti lomba atau bahkan menulis buku sendiri.

Nah itulah penjelasan tentang apa itu prestasi non akademik dan contohnya. Ingat, baik prestasi akademik maupun non akademik, semuanya memiliki manfaat bagi pelajar.

Maka, hendaknya kita mengasah bakat dan keterampilan agar mendapatkan prestasi yang membanggakan, baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

Author: Maulana Affandi