10 Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli (Pexels.com/Gratisography)

Masalah sosial adalah masalah yang muncul di lingkungan sosial masyarakat sehingga memunculkan ketidakseimbangan, konflik, atau kesulitan dalam interaksi sosial dan kehidupan sehari-hari.

Masalah sosial melibatkan aspek-aspek sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lingkungan yang mempengaruhi individu, kelompok, atau masyarakat secara luas.

Masalah sosial dapat berkaitan dengan berbagai bidang kehidupan, seperti kemiskinan, pengangguran, ketimpangan ekonomi, ketidakadilan, kekerasan, diskriminasi, dan masih banyak lagi.

Penyebab masalah sosial sangat kompleks dan melibatkan faktor-faktor seperti ketidakadilan struktural, kurangnya akses terhadap sumber daya, perubahan sosial, perbedaan sosial, dan kebijakan publik yang tidak efektif.

Baca juga: 10 Pengertian Hukum Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian masalah sosial menurut para ahli.

1. Soetomo

Pengertian masalah sosial adalah sebagai suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat.

2. Lesli

Masalah sosial sebagai suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan karena perlunya untuk diatasi atau diperbaiki.

3. Martin S. Weinberg

Masalah sosial adalah situasi yang dinyatakan sebagai sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai oleh warga masyarakat yang cukup signifikan, dimana mereka sepakat dibutuhkannya suatu tindakan untuk mengubah situasi tersebut.

4. Soerjono Soekanto (2012: 312)

Definisi masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur- unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial, atau menghambat terpenuhinya keinginan-keinginan pokok sehingga menyebabkan kepincangan ikatan sosial warga kelompok sosial tersebut.

Baca juga: 10 Pengertian Kewarganegaraan Menurut Para Ahli

5. Rubington dan Weinberg (1989)

Masalah sosial adalah suatu kondisi yang dinyatakan tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh sebagian warga, yang sepakat bahwa suatu kegiatan bersama diperlukan untuk mengubah kondisi itu.

6. Bulmer

Masalah sosial adalah situasi dan kondisi yang tidak diinginkan oleh masyarakat, karena adanya paradigma kesalahan sosial atau gejala sosial yang dinggap tidak wajar.

7. Kartini Kartono

Permasalahan sosial adalah suatu situasi yang dapat menggu kesetabilan kehidupan manusia, situasi ini dianggap sebagai situasi yang menyimpang hingga akhirnya harus segera mungkin untuk dapat diselesaikan.

8. Merton dan Nisbet (1971)

Masalah sosial sebagai sesuatu yang bukan kebetulan, melainkan berakar pada satu atau lebih kebutuhan masyarakat yang terabaikan.

Baca juga: 10 Pengertian Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli

9. Jenssen

Masalah Sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya.

10. Arnold Rose

Mendefinisikan masalah sosial dapat sebagai suatu situasi yag telah mempengaruhi sebagian besar masyarakat sehingga mereka percaya bahwa situasi itu adalah sebab dari kesulitan mereka.