10 Pengertian Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli

pengertian perdagangan internasional


Perdagangan internasional adalah pertukaran barang dan jasa antara negara-negara yang berbeda melalui ekspor dan impor.

Pertukaran ini melibatkan berbagai jenis barang dan jasa, seperti barang konsumsi, bahan baku, mesin, teknologi, dan jasa keuangan, transportasi, dan pariwisata. 

Perdagangan internasional berperan penting dalam ekonomi global karena memungkinkan negara-negara untuk memperoleh barang dan jasa yang tidak tersedia di negaranya sendiri, serta memperluas pasar untuk ekspor barang dan jasa yang diproduksi di dalam negeri.

Dagan internasional memiliki berbagai cara. Salah satu cara perdagangan internasional adalah ekspor dan impor.

Hal ini dapat membawa manfaat ekonomi, seperti meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi kemiskinan.

Namun, perdagangan dunia internasional juga dapat menimbulkan tantangan dan risiko, seperti persaingan yang ketat, kerusakan lingkungan, dan masalah sosial seperti perdagangan manusia dan pelanggaran hak asasi manusia.

perdagangan internasional

Perdagangan Internasional (Pexels.com/Tom Fisk)

Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian dan jurnal perdagangan internasional menurut beberapa ahli.

1. Christianto (2013)

Pengertian perdagangan internasional secara sederhana menurut kamus ekonomi yaitu perdagangan yang terjadi antara dua negara atau lebih. Perdagangan luar negeri merupakan aspek penting bagi perekonomian suatu negara.

2. Serlika Aprita dan Rio Adhitya

Menurut Serlika dan Rio, perdagangan internasional memiliki hubungan yang erat dengan keuangan. Hal ini dikarenakan perdagangan internasional serta keuangan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya, karena memiliki keterkaitan.

3. Huala Adolf

Menurut Huala Adolf, perdagangan internasional merupakan aktivitas dari tukar menukar atau bahkan aktivitas dari jual beli yang terjadi antar negara sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan manfaat maupun keuntungan dari aktivitas tersebut.

4. Lestari dan Setiawan

Lestari dan Setiawan mendefinisikan perdagangan internasional sebagai aktivitas dari perdagangan yang dilakukan oleh suatu penduduk yang berada dalam suatu negara dengan negara-negara lain dengan kesepakatan yang disepakati oleh bersama.

5. Basri dan Munandar

Menurut pandangan Basri dan Munandar, perdagangan internasional merupakan perdagangan yang terjadi karena ada negara yang memiliki sebuah sumber daya yang berbeda dengan negara yang diajak kerja sama. Menurut Basri dan Munandar, perdagangan internasional ini dapat terjadi karena adanya aktivitas produksi barang dalam jumlah yang cukup besar.

6. M. Rafiqul Islam

Perdagangan Internasional ialah sesuatu hal yang menekankan keterkaitan erat antara perdagangan internasional dan hubungan keuangan.

7. Schmitthoff

Perdagangan Internasional yakni sekumpulan aturan yang mengatur hubungan-hubungan komersial yang sifatnya perdata. Aturan-aturan hukum tersebut mengatur transaksi-transaksi yang berbeda negara.

8. Edi Supardi (2021)

Menjelaskan bahwa perdagangan Internasional adalah kegiatan perekonomian dan perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas kesepakatan bersama.

9. Febrianty, dkk. (2020)

Perdagangan internasional adalah perpanjangan dari produksi, pertukaran dan konsumsi, yang merupakan elemen dasar kehidupan. Produsen dan konsumen yang termasuk dalam perdagangan internasional berasal dari berbagai negara.

10. Eddie Rinaldy, dkk. (2020),

Definisi perdagangan internasional adalah hubungan perniagaan antara para pihak yang berada di dua negara yang berbeda, secara garis besar dilakukan dalam bentuk ekspor dan impor.

Itulah pengertian perdagangan internasional menurut para ahli. Semoga artikel ini bermanfaat agar kita mengetahui apa itu perdangan antarnegara dan manfaatnya untuk pertumbuhan ekonomi.

Penting juga untuk mengetahui cara pembayaran internasional, terutama bagi yang ingin terjun menjadi wirausaha agar bisnis yang dijalankan dapat bertumbuh pesat.