Header Ads Widget

10 Pengertian Kohesi Leksikal Menurut Para Ahli

kohesi leksikal

Pengertian Kohesi Leksikal Menurut Para Ahli

1. Baryadi 1990: 46)

Pengertian kohesi leksikal adalah keterkaitan leksikal antara bagian-bagian wacana. Kohesi leksikal dapat dirinci menjadi pengulangan (reiteration), hiponimi (hyponimi), sinonim (synonimi), antonimi (antonymi), dan kolokasi (collocation).

2. Sumarlam (2008: 35)

Menjelaskan, bahwa kohesi leksikal adalah hubungan antarunsur dalam wacana secara semantis.

Baca juga: 9 Pengertian Frasa Endosentris Menurut Para Ahli

3. Zaimar & Ayu (2011: 146)

Mengemukakan bahwa kohesi leksikal adalah keterpautan atau keterjalinan makna di dalam suatu wacana dapat dilihat pada segi kosakatanya.

4. Mulyana (2005: 55)

Dilihat dari segi pengertian, kohesi leksikal memiliki tujuan diantaranya ialah untuk mendapatkan efek intensitas makna bahasa, kejadian informasi, dan keindahan bahasa lain.

5. Kushartanti (dalam Kusnita 2014: 245)

Menjelaskan “kohesi leksikal adalah hubungan semantik antarunsur pembentuk wacana dengan memanfaatkan unsur leksikal atau kata”

Baca juga: 10 Pengertian Kalimat Perintah Menurut Para Ahli

6. Sudaryat (2008: 160)

Menguraikan bahwa unsur kohesi leksikal yang menjadi keutuhan wacana itu dapat dibedakan menjadi enam macam, yaitu repetisi, sinonimi, hipernimi, ekuivalensi, kolokasi, dan antonimi.

7. Mujianto (2010: 83)

Hubungan leksikal merupakan pengulangan bagian teks tidak hanya dilakukan dengan mengulang struktur sintaksis, katak kata, maupun bunyi.

8. Zaenal Arifin dkk. (2015: 67)

Menyatakan bahwa kohesi leksikal menunjukan pada hubungan lesikal di antara bagian-bagian wacana untuk mendapatkan keserasian struktur secara kohesif.

Baca juga: Contoh Paragraf Generalisasi, Analogi, Sebab Akibat

9. Indiyastini (2009: 70)

Pengertian kohesi leksikal adalah alat pemadu kalimat-kalimat yang berupa sistem leksikal.

10. Aswandi (2018: 43)

Hubungan leksikal antara bagian-bagian wacana untuk mendapatkan keserasian struktur secara kohesif terjadi karena adanya alat kohesi.