Header Ads Widget

10 Pengertian Kalimat Perintah Menurut Para Ahli

Pengertian Kalimat


Pengertian Kalimat Perintah Menurut Para Ahli

1. Alisjahbana (dalam Rahardi, 2005:19)

Mengartikan sosok kalimat perintah sebagai ucapan yang isinya memerintah, memaksa, menyuruh, mengajak, meminta agar orang yang diperintah itu melakukan apa yang dimaksudkan dalam perintah itu. Berdasarkan pada maknanya, yang dimaksud dengan aktivitasmemerintah adalah praktik memberitahukan kepada mitra tutur bahwa penutur menghendaki orang yang diajak bertutur itu melakukan apa yang sedang diberitahukannya.

2. Keraf (dalam Rahardi, 2005:2)

Memberikan definisi kalimat perintah sebagai kalimat yang digunakan untuk menyuruh orang lain melakukan sesuatu, kalimat berita adalah kalimat yang mendukung suatu pengungkapan peristiwa atau kejadian, dan kalimat tanya adalah kalimat yang mengandung permintaan agar diberitahu orang sesuatu karena ia tidak mengetahui hal tertentu.

3. Kridalaksana (2008: 91)

Imperatif adalah bentuk kalimat atau verba untuk mengungkapkan perintah atau keharusan atau larangan untuk melaksanakan suatu perbuatan.

4. Alwi, dkk. (2003: 353)

Menyatakan bahwa kalimat perintah atau kalimat imperatif memiliki ciri formal seperti intonasi yang ditandai nada rendah di akhir tuturan, pemakaian partikel penegas, penghalus, dan kata tugas ajakan, harapan, permohonan, dan larangan, susunan inversi sehingga urutannya menjadi tidak selalu terungkap predikat-subjek jika diperlukan dan pelaku tindakan tidak selalu terungkap.

5. Ramlan (2005:79)

Kalimat perintah (imperatif) menurut Ramlan (2005:79) memiliki ciri-ciri; berintonasi keras, didukung kata kerja, dan berpartikel –lah. Pembelajaran kalimat perintah biasa muncul biasanya saat beinteraksi antarteman.

6. Hermawan (2020;17)

Kalimat imperatif dapat dikatakan sebagai kalimat perintah yaitu sebuah kalimat yang menghendaki adanya reaksi atau tanggapan dari pihak yang menjadi lawan bicara.

7. Abidin (2019:182) 

Pengertian Kalimat perintah adalah kalimat yang bertujuan memberikan perintah kepada orang lain untuk melakukan sesuatu.

8. Eka (2019:205)

Kalimat perintah yang biasa dibentuk dari sebuah klausa yang berpredikat verba dasar yang diberi partikel lah serta meninggalkan subjeknya.

9. Keraf, Chaer (2011)

Mendefinisikan kalimat perintah adalah kalimat yang isinya mengharapkan adanya reaksi berupa tindakan atau perbuatan dari orang yang diajak bicara.

10. Tarigan (1984:19-24)

Kalimat perintah adalah kalimat yang dibentuk untuk memancing responsi berupa tindakan atau perbuatan.