Header Ads Widget

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Pengertian Kebugaran Jasmani


Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

1. Menurut Pangrazi (1995)

Beliau beropini bahwa Pendidikan jasmani merupakan serpihan dari pendidikan secara umum yang memberi sumbangan terhadap santunan pengalaman gerak untuk perkembangan serta pertumbuhan anak secara menyeluruh.

2. Menurut Sadoso Sumosardjuno (1989 : 9)

Beliau beropini bahwa Kesegaran Jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari secara mudah, tanpa merasa lelah yang berarti, serta masih memiliki cadangan tenaga (sisa) untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keadaan-keadaan mendadak.

3. Menurut Agus Mukhlolid, M.Pd (2004 : 3)

Agus Mukholid beropini bahwa Kesegaran Jasmani ialah kemampuan dan kesanggupan untuk melaksanakan kegiatan atau kerja, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

4. Menurut Lutan (2001)

Pendidikan Jasmani ialah suatu proses kegiatan jasmani yang disusun dan dirancang secara sistematis, untuk merangsang perkembangan dan pertumbuhan, meningkatkan keterampilan dan kemampuan jasmani, kecerdasan pembentukan watak, serta perilaku dan nilai yang positif bagi setiap warga negara, dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.

5. Menurut Muhajir

Muhajir beropini bahwa kebugaran jasmani merupakan kesanggupan badan menyesuaikan diri dengan pekerjaan yang dilakukan tanpa rasa lelah yang berarti.

6. Menurut Djoko Pekik (2002: 72)

Pengertian kebugaran jasmani ialah kemampuan fisik seseorang untuk dapat melakukan kerja sehari-hari secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan, sehingga masih dapat menikmati waktu luangnya.

7. Menurut Agus Mukhlolid, (2004: 3)

Menyatakan bahwa Kebugaran Jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan untuk melakukan kerja atau aktivitas, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau berlebihan.

8. Sumosardjuno dan Giri Widjojo

Menyatakan kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat-alat tubuh dalam batas fisiologi terhadap keadaan lingkungan atau kerja fisik secara efisien tanpa lelah berlebihan.

9. Menurut Dangsina Moeloek (1984)

Ditinjau dari segi faal kebugaran jasmani (Physical Fitness) adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh dalam melaksanakan tugas pembebanan fisik yang diberikan kepadanya (pekerjaan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti.

10. Menurut Soetarman (dalam Ismaryati,2006:40)

Kebugaran jasmani ialah sebagai salah satu aspek, yaitu aspek fisik dari kebugaran yang menyeluruh (total fitness), yang memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalani hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada tiap-tiap pembebanan fisik yang layak.