Header Ads Widget

Pengertian Argumentasi Menurut Ahli Dan Ciri Cirinya

argumentasi

Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli

1. Menurut Nursisto (1999: 43)

Pengertian argumentasi adalah karangan yang berusaha memberikan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan.

2. Menurut Keraf (2010)

Argumentasi merupakan usaha untuk mengajukan bukti-bukti atau menentukan kemungkinan-kemungkinan penyebab atau untuk menyatakan pendapat mengenai suatu hal.

3. Menurut Andriani (2018)

Argumentasi merupakan usaha yang dilakukan seseorang dalam menyampaikan suatu pendapat yang disertai fakta yang menguatkan pendapat tersebut.

4. Menurut Yan & Enduran (2008)

Argumentasi merupakan komponen penting dalam literasi ilmiah, sehingga dengan mampu berargumen secara baik peserta didik tersebut sudah mampu menguasai konsep suatu materi.

5. Menurut Simon, Erduran, & Osborne (2006)

Argumentasi merupakan proses mengumpulkan berbagai komponen yang dibutuhkan untuk membangun suatu pendapat atau argumen.

6. Menurut Dawson (2017)

Argumentasi dapat digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat keputusan dan ilmu pengetahuan ilmiahnya.

Ciri Ciri Argumentasi

Nursisto (1999: 43) mengemukakan ciri-ciri argumentasi adalah sebagai berikut. 1) Mengandung bukti dan kebenaran. 2) Alasan kuat. 3) Menggunakan bahasa denotatif. 4) Analisis rasional (berdasarkan fakta). 5) Unsur subjektif dan emosional sangat dibatasi (sedapat mungkin tidak ada).

Indriati (2001: 79) menyatakan bahwa argumentasi yang kuat harus mengandung lima ciri-ciri. Lima ciri-ciri tersebut antara lain: 1) klaim (claim), 2) bukti afirmatif (setuju) dan bukti kontradiktif (bantahan), 3) garansi/justifikasi (warrant), 4) kompromi (concessions), 5) sumber aset (reservations).