Header Ads Widget

10 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

pengertian sejarah


Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

1. Heredotus (484-425 SM)

Heredotus mendefinisikan sejarah bukan berkembang dan bergerak lurus kedepan dengan tujuan yang pasti, akan tetapi bergerak melingkar yang tinggi dan rendahnya lingkaran disebabkan oleh keadaan manusia itu sendiri.

2. Ibnu Khaidun (1332-1406 M)

Ibnu Khaidun mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang manusia dan peradabannya dengan seluruh proses perubahan secara nyata dengan segala sebab dan akibatnya.

3. R.G Colling Wood (1889-1943)

R.G Colling Wood mendefinisikan sejarah sebagai penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan manusia pada masa yang lampau.

4. Muhammad Yamin (1903-1962)

Muhammad Yamin mendefinisikan sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan dari berbagai peristiwa yang dapat dibuktikan. Dengan demikian sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang didalamnya mempelajari berbagai peristiwa atau kejadian penting yang telah terjadi dalam kehidupan manusia pada masa lalu yang bisa dibuktikan.

5. Sartono Kartohardjo (1921-2007 M)

Sartono Kartohardjo mendefinisikan sejarah pada hakikatnya dibatasi oleh dua hal, yakni sejarah dalam arti objektif dan subjektif. Sejarah objektif adalah sejarah yang menunjukkan kejadian atau peristiwa itu sendiri. Sedangkan sejarah subjektif adalah sejarah yang dipengaruhi oleh emosi dan pikiran sejarawan atau penulis sejarah tentang suatu peristiwa.

6. R Mohammad Ali

R Mohammad Ali mendefinisikan sejarah sebagai berikut dibawah ini :
  • Sejarah adalah keseluruhan perubahan, kejadian, peristiwa dan kenyataan yang memang benar-benar terjadi disekitar kita.
  • Sejarah merupakan cerita tentang perubahan-perubahan itu sendiri.
  • Sejarah yaitu ilmu yang menyelidiki tentang perubahan-perubahan peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

7. I Gede Widja (1989: 9)

Sejarah menurut Widja adalah suatu studi yang telah dialami manusia diwaktu lampau dan telah meninggalkan jejak diwaktu sekarang, di mana tekanan perhatian diletakkan, terutama dalam pada aspek peristiwa sendiri. Dalam hal ini terutama pada hal yang bersifat khusus dan segi-segi urutan perkembangannya yang disusun dalam cerita sejarah.

8. Gazalba (1981: 13)

Sejarah menurut Sidi Gazalba adalah gambaran masa lalu tentang manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap, meliputi urutan fakta masa tersebut dengan 11 tafsiran dan penjelasan, yang memberi pengertian tentang apa yang telah berlalu.

9. J. Bank

Berpendapat bahwa Sejarah merupakan semua kejadian atau peristiwa masa lalu. Sejarah untuk memahami perilaku masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang.

10. Henry Steele Commager

Berpendapat bahwa Sejarah merupakan rekaman keseluruhan masa lampau, kesusatraan, hukum, bangunan, pranata sosial, agama, filsafat.

Posting Komentar

0 Komentar