Header Ads Widget

Pengertian Diksi Menurut Para Ahli dan Contohnya

diksi

Pengertian Diksi

Pengertian diksi secara umum adalah pilihan kata, penggunaan diksi berhubungan dengan ketetapan penggunaan kata, setiap kata memilki makna tertentu yang berbeda dengan makna yang lainnya. Walaupun ada beberapa kata yang sekilas memilki makna yang hampir sama, tetapi sebenarnya masing-masing memilki perbedaan.

Menurut KBBI, diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti apa yang diharapkan).

Pengertian Diksi Menurut Para Ahli

1. Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf, pengertian diksi terbagi menjadi dua, yakni pilihan kata atau mengenai pengertian kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan suatu gagasan, pengungkapan yang tepat dan gaya penyampaian kata yang lebih baik dan sesuai situasi.

Pengertian diksi juga merupakan sebuah kemampuan membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna dari gagasan yang disampaikan. Selain itu, diksi juga bisa berupa kemampuan untuk menemukan bentuk yang sesuai dengan situasi, nilai dari suatu rasa yang dimiliki kelompok masyarakat, pendengar, dan pembaca.

2. Widyamartaya

Menurut Widyamartaya, pengertian diksi adalah kemampuan seseorang dalam membedakan suatu nuansa-nuansa makna secara tepat dengan gagasan yang disampaikan. Kemampuan seseorang membedakan makna itu sesuai dengan situasi dan nilai rasa yang dimiliki kelompok masyarakat dan pendengar atau pembaca.

3. Susilo Mansurudin

Susilo Mansurudin berpendapat pengertian diksi adalah pilihan kata. Pemakaian atau pemilihan diksi yang tepat, benar dan cermat bisa membantu memberi nilai pada suatu kata. Pilihan diksi yang sesuai dengan kata lain akan mencegah terjadinya kesalahan penafsiran yang berbeda.

4. Enre

Enre berpendapat pengertian diksi adalah penggunaan kata yang sesuai dalam mewakili pikiran dan perawatan yang ingin disampaikan dalam suatu pola kalimat tertentu.

5. Harimurti

Diksi adalah pilihan kata dan kejelasan lafal untuk memperoleh efek tertentu dalam berbicara di depan umum atau dalam mengarang.

6. Mustakim

Membedakan antara istilah pemilihan kata dan pilihan kata. Pemilihan kata adalah proses atau tindakan memilih kata yang dapat mengungkap gagasan secara tepat, sedangkan pilihan kata adalah hasil proses atau tindakan tersebut.

7. Achmadi (1990: 136)

Memberikan definisi diksi adalah seleksi kata-kata untuk mengekspresikan ide atau gagasan dan perasaan.

Ciri Ciri Diksi

Adapun ciri-ciri diksi sebagai berikut:
  • Sesuai konteks kalimat yang akan diungkapkan.
  • Nyaman saat dibaca dan mudah dipahami.
  • Mampu membedakan suasana, makna, dan bentuk kalimat
  • Selaras dengan nilai rasa dari pembacanya.
  • Kkosakata yang dipahami oleh pembaca/pendengar
  • Menyatu dengan kata yang lain sehingga melahirkan sebuah makna yang tepat.

Contoh Diksi

Berikut ini adalah contoh diksi yang tepat, mari disimak.

Rani sudah tinggal di Surabaya selama lima tahun (Diksi tepat)
Rani tinggal minum saja, dia sudah makan (Diksi kurang tepat)

Kenapa kamu selalu mengacuhkan janji dengan kami (Diksi kurang tepat)
Kenapa kamu selalu mengabaikan janji dengan kami (Diksi tepat)

Untuk kumpulan diksi menulis puisi, baca artikelnya di sini: Kumpulan Diksi untuk Menulis Puisi