Header Ads Widget

Pengertian Standar Deviasi Beserta Cara Menghitungnya

Standar deviasi adalah ukuran atau nilai statistik yang digunakan untuk mengukur jumlah variasi serta sebaran dari sejumlah nilai data.

Standar deviasi juga sering disebut sebagai simpangan baku yang disimbolkan dengan alfabet Yunani Sigma σ atau huruf Latin s. Sedangkan dalam bahasa Inggris, standar deviasi disebut standard deviation.

Cara menghitung standar deviasi adalah dengan mencari mean dan varian dari data tersebut sebelum ditentukan standar deviasinya.

Umumnya, semakin rendah standar deviasi maka semakin mendekati rata-rata. Sedangkan jika nilai standar deviasi semakin tinggi maka semakin lebar rentang variasi datanya. Jadi, standar deviasi adalah jumlah perbedaan dari nilai sampel terhadap rata-rata.

Standar deviasi juga bisa menyatakan sampel data dari suatu populasi. Misalnya ketika ingin mengetahui nilai yang siswa di sebuah kota, maka diperlukan sampelnya.

Misal jumlah siswa adalah 10.000 orang, maka diambil sampel 1.000 orang. Dari hasil riset sampel, didapati data dengan standar deviasi. Semakin besar standar deviasi tersebut, maka keragaman sampel semakin besar pula.

Baca juga: Pengertian Filsafat Administrasi Secara Etimologi