Header Ads Widget

7 Fakta Tembok Besar China yang Belum Banyak Diketahui


Tembok besar China dibangun sendiri oleh tangan manusia berabad-abad silam. Coba bayangkan, bagaimana cara mereka bisa membangun tembok sepanjang ini? Jika menurut nalar sangat tidak mungkin bukan? Inilah yang menjadikan tembok besar china masuk ke dalam 7 keajaiban dunia yang patut dijaga.

Nah, selain kemegahan dan keunikannya ternyata tembok ini juga menyimpan beberapa fakta yang menarik untuk diulas. Berikut diantaranya:

1. Tingginya Capai 26 Kaki


Photo : wikimedia

Seperti yang kita ketahui, bangunan di tembok besar China tidaklah sama. Ada beberapa titik yang menjulang dan ada pula bagian yang sedikit rendah. Namun titik tertingginya berada di atas menara jam yaitu 26 kaki.

2. Waktu Pembangunan yang Sangat Lama

Proses pembangunan tembok besar china ini memakan waktu lebih dari 2 ribu tahun. Yang secara bergantian para pemimpin Dinasti tersebut melanjutkan pembangunannya.

3. Tidak Diketahui Keberadaanya

Meskipun tembok ini telah dibangun dan sudah berdiri sejak berabad-abad yang lalu. Ternyata tidak semua orang mengetahui keberadaanya. Barulah, saat penjelajah portugis (Bento De Gois) menginjakkan kaki di tanah China. Ia menemukan tembok ini dan mengumumkannya ke khalayak ramai. Sehingga tembok besar China mulai dikenal oleh seluruh masyarakat di belahan dunia.

4. Mitos yang Menyelimuti

Kabarnya, dalam pembangunan tembok besar China memakai tulang manusia sebagai bahan pembuatannya. Namun, hal itu tidak lah benar. Bahan baku yang dipakai saat itu adalah bahan yang bisa ditemukan di sana seperti kayu, batu bara, genting, tanah liat, dan batu  kapur. Dan ada hal unik juga, mereka menambahkan gumpalan nasi sebagai tamaban bahan baku. Karena mereka percaya bahwa gumpalan nasi mampu mempererat bahan bangunan.

5. Tidak Ada Pembangunan Lanjutan Selama Berabad-Abad

Menurut datanya, pembangunan tembok besar China berakhir pada tahun 1644 ketika penguasa terakhir Dinasti Ming dilengserkan. Setelah itu, tidak ada penerusan untuk membangun tembok ini. Yang ada hanya perawatan saja.

6. Banyaknya Tenaga Kerja

Sesuai dengan ukuran panjangnya serta waktu pengerjaannya yang sangat panjang. Sehingga banyak sekali para pekerja yang ikut serta dalam pembangunan. Untuk berapa jumlah pastinya tidak bisa diketahui. Tapi menurut beberapa penelitian, diperkirakan jumlahnya mencapai 800.000 orang.

7. Memiliki Banyak Nama

Sejak berdirinya, tembok ini memiliki banyak nama dan sering diganti-ganti. Mulai dari “Barrier”,”Fortress”,”Rampant”,”Purple Frontier” dan ”Earth Dragon”. Hingga nama nya diresmikan pada abad ke 19 yaitu “The Great Wall Of China”.

Author  : Maulidiyah