Header Ads Widget

Benarkah Jumlah Pusar Kepala Anak Menentukan Tingkah Lakunya?

Mungkin kamu pernah mendengar jika jumlah pusar kepala pada anak menentukan tingkah lakunya? Yap, ketika anak memiliki pusar kepala atau unyeng-unyeng lebih dari satu, maka diyakini jika anak tersebut akan menjadi anak yang nakal.

Apakah benar demikian? Lantas, bagaimana dengan anak yang pusar kepalanya hanya satu, tapi memiliki tingkah laku yang super nakal?

Perlu diketahui, sebenarnya anggapan ini tidak dapat dibenarkan sepenuhnya, alias hanya mitos belaka. Mitos yang sudah beredar sejak jaman dulu ini memang menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri bagi kebanyakan orang tua.

Oleh karenanya, kebanyakan orang tua akan merasa khawatir dengan perilaku anak ketika diketahui memiliki pusar kepala lebih dari satu.

Sanggahan ini juga disampaikan oleh pakar asal Malaysia, Noor Afidah Abu Bakar yang mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada kaitan antara pusar kepala dengan perilaku anak.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Gagdet

Justru yang sangat berpengaruh dalam tingkah laku anak adalah bagaimana cara orang tua mendidik. Nah, kekhawatiran orang tua karena anaknya memiliki pusar kepala lebih dari satu itulah yang nanti akan membuat anak menjadi nakal.

Sebab, ketika orang tua khawatir terhadap perilaku anaknya, maka orang tua akan memperlakukan anak sedikit lebih keras. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi perkembangan anak.

Anak akan merasa tidak dipercaya dan dia akan mendapat tekanan yang akhirnya bisa membuat pribadinya menjadi tidak baik. Dalam jangka panjang, hal ini tentu saja sangat memengaruhi pola pikir dan perilaku anak.

Oleh karenanya, mitos tersebut tidak bisa dipercaya sepenuhnya. Apalagi sampai orang tua merasa khawatir dan menggunakan cara kasar untuk mendidik anak.