7 Tujuan Advertising Bagi Perusahaan, Pengusaha Muda Wajib Baca!

tujuan advertising

Tujuan Advertising (pexels.com/Negative Space)

Advertising atau periklanan adalah proses atau kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan produk, layanan, merek, atau organisasi kepada masyarkat luas melalui media komunikasi.

Hal ini dilakukan dengan menggunakan narasi serta visual yang kreatif dan persuasif untuk menarik perhatian konsumen.

Selain itu, advertising juga bisa mempengaruhi dan menggerakkan konsumen untuk mengambil tindakan membeli produk atau mengenal lebih jauh tentang suatu merek.

Advertising dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti televisi, radio, cetak (seperti surat kabar, majalah, brosur), media sosial, situs web, papan reklame, iklan online, dan masih banyak lagi.

Setiap jenis media memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda dalam hal jangkauan, segmentasi audiens, interaktivitas, dan efektivitas dalam menyampaikan pesan periklanan.

Baca juga: Pengertian Floor Display dan Manfaatnya dalam Menarik Minat Konsumen

Tujuan Advertising

Tujuan advertising adalah untuk mencapai berbagai tujuan yang berhubungan dengan pemasaran dan komunikasi. Berikut adalah beberapa tujuan utama dari advertising:

1. Mengenalkan Merek

Tujuan utama dari advertising adalah membuat orang menjadi lebih sadar tentang merek atau produk yang diiklankan.

Melalui kampanye periklanan yang efektif, merek dapat dikenal dan mendapatkan perhatian dari masyarakat yang lebih luas.

2. Meningkatkan Penjualan

Salah satu tujuan advertising adalah meningkatkan penjualan produk atau layanan jasa yang sedang ditawarkan.

Dengan menggunakan strategi periklanan yang baik, perusahaan dapat mencapai target pasar yang tepat serta meningkatkan penjualan produk atau layanan jasa.

3. Membangun Citra Merek

Advertising juga bertujuan untuk membangun citra merek yang positif di benak masyarakat.

Melalui pesan-pesan dan gaya periklanan yang tepat, perusahaan dapat menggambarkan merek sebagai pilihan yang unggul, terpercaya, inovatif, dan memiliki nilai tambah lainnya dalam pikiran konsumen.

Baca juga: Pengertian Jumble Display, Strategi Menata Produk yang Bisa Tingkatkan Penjualan

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan menghadirkan pesan periklanan yang menarik, perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. 

Advertising dapat mengingatkan pelanggan tentang keunggulan produk atau layanan yang mereka nikmati, serta menghadirkan penawaran khusus atau promosi yang menggugah minat.

5. Mengkomunikasikan Informasi Produk

Periklanan juga berperan dalam menyampaikan informasi penting tentang produk atau layanan kepada konsumen.

Hal ini mencakup fitur, manfaat, harga, ketersediaan, dan informasi lain yang dapat membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang lebih baik.

6. Mendorong Inovasi

Melalui periklanan, perusahaan dapat mendorong inovasi dan pengembangan produk baru.

Dengan memperkenalkan produk baru melalui kampanye periklanan yang efektif, perusahaan dapat membangkitkan minat konsumen dan mendorong mereka untuk mencoba hal-hal baru.

Baca juga: Pengertian Impulse Buying Display dan Manfaatnya Untuk Meningkatkan Penjualan

7. Memenangkan Persaingan Pasar

Periklanan yang cerdas dan efektif dapat membantu perusahaan memenangkan persaingan di pasar.

Dengan menciptakan pesan yang membedakan dan menarik, perusahaan dapat menggeser perhatian konsumen dari pesaing dan memperoleh pangsa pasar yang lebih besar.