Fitting Baju Pengantin, Proses Penting yang Harus Dilakukan Pengantin Sebelum Hari Pernikahan

fitting baju pengantin

fitting baju pengantin (pexels.com/Los Muertos Crew)

Setelah menentukan tanggal pernikahan, ada banyak hal yang perlu disiapkan oleh pengantin dan pihak keluarga, seperti menyewa gedung, katering, hingga souvenir.

Selain itu, ada satu hal penting lagi yang biasanya disiapkan oleh kedua mempelai, yakni fitting baju pengantin.

Pernah lihat pengantin wanita jadi cantik banget di hari pernikahan? Ya, kecantikan yang terpancar itu tak lepas dari proses fitting yang tepat.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kado Pernikahan Untuk Pasangan, Sederhana tapi Berkesan

Tahukah kamu apa itu fitting baju pengantin?

Fitting baju pengantin adalah proses mencoba dan menyesuaikan pakaian pernikahan yang akan dikenakan oleh kedua mempelai pada hari pernikahan.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa baju pengantin cocok dikenakan sehingga membuat penampilan semakin indah di hari pernikahan.

Secara psikologis, fitting baju pengantin juga dapat menjadi momen penuh emosional yang menggembirakan bagi pengantin.

Biasanya pengantin akan bahagia ketika melihat diri mereka di cermin dengan baju pengantin yang indah.

Kemudian, ketika mencoba baju pengantin juga memberikan gambaran tentang bagaimana penampilan mereka di hari istimewa nanti.

Pada fitting baju pengantin, para pengantin biasanya bekerja sama dengan penjahit atau perancang busana pernikahan.

Penjahit atau perancang busana tersebut akan mengukur tubuh pengantin yang pas dan sesuai untuk dikenakan.

Baca juga: 5 Kekhawatiran yang Dirasakan Wanita Menjelang Pernikahan

Sebab, kadang baju pengantin yang disediakan oleh perancang busana ukurannya tidak sesuai, kadang longgar dan terlalu singset sehingga pengantin jadi kurang nyaman.

Maka, dalam proses fitting, perancang busana dengan pengantin biasanya berunding tentang pakaian yang akan digunakan, termasuk tentang warna, model baju, serta aksesori.

Ketika sudah dicapai sebuah kesepakatan, maka perancang busana akan memulai pekerjaannya untuk membuat pakaian pengantin.

fitting baju

Proses fitting baju pengantin (pexels.com/Los Muertos Crew)

Pada proses fitting baju, biasanya yang lebih cerewet adalah pihak perempuan. Hal tersebut dilakukan karena pihak perempuan ingin agar penampilan di hari pernikahan nanti menjadi lebih maksimal.

Sering terjadi, ketika proses fitting tidak dibicarakan secara jelas, alhasil penampilan jadi kurang menarik di hari pernikahan yang sangat penting itu.

Baca juga: 5 Arti Mimpi Menikah yang Harus Kamu Ketahui

Maka, tidak ada salahnya untuk membicarakan keinginan dan selera kepada perancang busana agar tidak terjadi penyesalan ketika hari pernikahan tiba.

Dan tidak lupa pula, pengantin juga hendaknya menerima masukan serta saran dari perancang busana karena perancang busana memiliki pengalaman dalam urusan tersebut.

Nah, itulah pengertian fitting baju pengantin yang perlu diketahui oleh calon pengantin agar tampil lebih menarik di hari pernikahan.

Author: Maulana Affandi