7 Manfaat Membaca Buku Fiksi, Salah Satunya Memperbaiki Emosional

Manfaat Membaca Buku Fiksi

Manfaat Membaca Buku Fiksi (Pexels.com/Min An)

Membaca buku fiksi adalah kegiatan yang menyenangkan dan seringkali dilakukan untuk mengisi waktu luang.

Buku fiksi adalah karangan bebas yang sifatnya imajinasi atau khayalan sehingga tidak akan terjadi di dunia nyata.

Meski terkadang buku fiksi terinspirasi dari dunia nyata, tapi sudah dikembangkan sedemikian rupa oleh penulis sehingga kisahnya jadi lebih seru dan menarik untuk dibaca.

Baca juga: 7 Cara Menemukan Ide Cerita Fantasi Bagi Penulis Pemula

Manfaat Membaca Buku Fiksi

baca novel

Manfaat Membaca Novel Fiksi (pexels.com/THIS IS ZUN)

Nah, bicara tentang buku fiksi, tahukah kamu ternyata ada berbagai manfaat membaca buku fiksi, khususnya untuk perkembangan pribadi kita.

Mau tahu apa saja manfaat membaca bukufiksi? Berikut diantaranya:

1. Melatih Kreativitas

Buku fiksi berisi cerita serta dunia imajinasi dengan kreativitas tinggi.

Ketika kita membaca buku fiksi, maka secara tidak langsung kita akan memvisualisasikan dunia dan karakter-karakter yang digambarkan dalam cerita tersebut.

Hal ini dapat merangsang kreativitas kita dan membantu kita mengembangkan kemampuan berimajinasi agar lebih tajam.

Selain itu, baca buku fiksi juga dapat menjadi sumber inspirasi, terlebih bagi kita yang berkecimpung di dunia seni, penulisan, atau bahkan dunia bisnis yang membutuhkan pemikiran kreatif.

2. Memperluas Wawasan dan Pengetahuan

Walaupun novel fiksi tidak didasarkan pada kenyataan, tapi banyak berisi kisah yang mencerminkan realitas kehidupan manusia.

Dalam cerita-cerita fiksi, kita akan menemui tokoh-tokoh dengan kepribadian serta aktivitas yang mungkin tidak pernah kita ketahui.

Dengan membaca buku fiksi, kita dapat memperluas wawasan serta pengetahuan kita dengan hal-hal baru.

Sebab, setiap fiksi novel punya karakteristik yang berbeda, mulai dari gaya bahasa, kultur yang diangkat, serta cara penyajian jalan cerita.

Maka, buku fiksi juga dapat membantu kita mempelajari budaya dan latar belakang historis suatu tempat atau zaman tertentu yang dapat membuka wawasan baru.

Baca juga: 5 Aplikasi Menulis Novel Dibayar Untuk Menghasilkan Uang

3. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa

Buku fiksi seringkali ditulis dengan bahasa yang indah dan penuh imajinasi.

Dalam proses membacanya, kita dapat memperkaya perbendaharaan kata-kata kita dan memperdalam pemahaman tentang struktur bahasa.

Kekayaan gaya bahasa dalam buku fiksi dapat menginspirasi kita untuk menggunakan bahasa dengan lebih kreatif dan efektif.

Selain itu, membaca buku fiksi juga dapat membantu kita mengembangkan keterampilan membaca dan pemahaman yang lebih baik, serta meningkatkan kemampuan mengekspresikan pikiran dan emosi dengan lebih tepat melalui tulisan.

4. Sebagai Media Hiburan

Aktivitas sehari-hari kadang membuat pikiran menjadi suntuk, maka membaca buku fiksi bisa menjadi pelarian yang tepat untuk menyegarkan pikiran.

Hampir semua genre buku fiksi dapat menjadi pelarian untuk mengusir penat akan kesibukan dan aktivitas sehari-hari. 

Apalagi novel fiksi remaja yang cenderung ditulis menggunakan bahasa santai dan kadang memasukkan unsur jenaka.

Bahkan jika membaca cerita novel fiksi yang berhubungan dengan realita kehidupan kita, maka tanpa sadar kita akan tenggelam di dalam ceritanya.

Itu dapat menjadi sebuah relaksasi yang akan membuat kita melupakan masalah yang terjadi dalam kehidupan.

Jadi, membaca cerita fiksi adalah pilihan yang tepat sebagai media hiburan untuk pengobat kejenuhan akibat aktivitas sehari-hari.

Jika tidak cukup waktu untuk membaca cerita fiksi panjang, maka kita bisa memilih cerita fiksi pendek. Itu cukup untuk menyegarkan pikiran.

5. Mendapatkan Inspirasi dan Nilai Moral

Buku fiksi sering kali mengandung pesan moral yang kompleks, seperti nilai-nilai kehidupan, dan sudut pandang berpikir yang dalam.

Melalui cerita dan karakter yang dihadirkan, kita dapat memperoleh inspirasi baru tentang kehidupan, menggali empati, dan memahami bagaimana seharusnya hidup berdampingan dengan orang lain.

Cerita fiksi novel berisi konflik-konflik yang ditengarai oleh berbagai hal. Maka, kita bisa mempelajarinya agar kita tidak mendapat konflik serupa.

Bahkan walaupun sudah mengalaminya, kita bisa mendapat inspirasi bagaimana cara keluar dari konflik tersebut.

Sehingga sebetulnya buku cerita fiksi dapat memberi inspirasi bagi dan penuh nilai moral yang dapat kita pelajari untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Writer's Block, Penulis Wajib Baca

6. Memperbaiki Emosional

Cerita buku fiksi seringkali menampilkan perasaan dan emosional dari beberapa karakternya, meliputi kesedihan, kegembiraan, dilema, amarah, dan harapan.

Dengan membaca buku fiksi, maka secara tidak sadar kita akan terhubung dengan emosi yang dituangkan dalam cerita tersebut.

Ketika kita terhubung dengan emosional dalam cerita, maka tanpa kita sadari sebenarnya kita belajar untuk mengenali sisi emosional diri sendiri.

Hal ini membantu memperluas pemahaman kita untuk mengelola emosional, memperdalam pemahaman tentang diri sendiri, serta menguatkan mental.

7. Menumbuhkan Minat Membaca

Membaca buku fiksi juga dapat menjadi jembatan untuk mengembangkan minat membaca yang lebih luas.

Ketika kita terpikat oleh cerita yang menarik, kita mungkin akan terdorong untuk menjelajahi buku lain dengan genre serupa.

Hal ini membuka pintu bagi kita untuk mengeksplorasi berbagai jenis literatur, dari fiksi hingga non fiksi, dari novel hingga puisi.

Minat membaca yang kuat adalah modal berharga dalam meningkatkan pemahaman kita tentang dunia, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan memperkaya kehidupan kita secara keseluruhan.

Baca juga: Baru Nulis Novel? Simak 8 Tips Berikut Ini Untuk Jadi Penulis Sukses

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan kita dapat ketika suka membaca buku fiksi

Di era teknologi saat ini tidak sulit untuk membaca buku fiksi, kita dapat dengan mudah mencari novel fiksi terbaik melalui platform dan aplikasi yang tersedia dengan bebas.

Kita dapat baca novel fiksi online secara gratis dengan pilihan judul yang sangat banyak. Kemudian kita juga dapat mengunduh novel fiksi pdf jika ingin dijadikan koleksi.

Sebab, semua platform menyediakan buku fiksi gratis. Sehingga ebook fiksi gratis tersebut dapat kita unduh sebanyak-banyaknya untuk dijadikan daftar bacaan.

Maka sebenarnya saat ini kita sangat dimudahkan dengan hadirnya teknologi karena dapat membaca buku cerita fiksi online secara gratis, kapan saja dan dimana saja.

Kemudian, untuk baca buku fiksi online ada juga yang berbayar. Harga buku cerita fiksi bervariasi, tergantung dari ketebalan serta waktu terbitnya. Biasanya, harga buku fiksi yang baru rilis akan dibanderol lebih mahal.

Author: Maulana Affandi

*Dilarang menggunakan ulang artikel ini tanpa persetujuan author. Untuk menghubungi author bisa melalui surel: [email protected]