Pengertian Eksterior Display dan Manfaatnya untuk Menarik Perhatian Calon Konsumen

eksterior display

Pengertian eksterior display dan manfaatnya (pexels.com/John)

Eksterior display adalah teknik penataan dan presentasi produk di luar ruangan toko untuk menarik perhatian calon konsumen.

Hal ini melibatkan penggunaan area luar, seperti etalase di depan toko, trotoar, atau tempat-tempat strategis lainnya, untuk memajang produk atau menampilkan pesan promosi kepada konsumen yang berada di luar bangunan.

Melalui penggunaan elemen visual yang menarik, signage, atau dekorasi khusus, eksterior display dapat memberikan pesan yang jelas tentang produk yang ditawarkan atau promosi yang sedang berlangsung.

Baca juga: Pengertian Vertical Display dan Manfaatnya dalam Dunia Usaha

Pemilihan produk yang dipajang dalam eksterior display juga perlu mempertimbangkan konteks lingkungan sekitar, target pasar, dan musim yang sedang berlangsung.

Hal tersebut bertujuan agar produk yang dipajang relevan dengan kebutuhan dan minat konsumen pada saat tertentu.

Eksterior display juga dapat mencakup penempatan elemen dekoratif, pencahayaan yang tepat, dan papan pengumuman yang menarik.

Semua ini bertujuan untuk menciptakan tampilan yang menarik, profesional, dan mengundang minat konsumen untuk memasuki toko dan melakukan pembelian.

Baca juga: Pengertian Impulse Buying Display dan Manfaatnya Untuk Meningkatkan Penjualan

Manfaat Eksterior Display

Adapun beberapa manfaat eksterior display adalah sebagai berikut:

1. Menarik perhatian calon konsumen

Eksterior display yang menarik dan kreatif dapat menarik perhatian calon konsumen yang sedang melintas di depan toko atau bangunan bisnis.

Tampilan yang mencolok dan menarik akan membuat mereka tertarik untuk melihat lebih dekat atau memasuki toko.

2. Meningkatkan visibilitas merek

Dengan menggunakan eksterior display yang menarik dan berkesan, toko atau bisnis dapat meningkatkan visibilitas merek mereka.

Penempatan merek yang jelas dan konsisten dalam eksterior display akan membantu membangun pengenalan merek yang kuat di kalangan calon konsumen.

Baca juga: Pengertian Architectural Display dan Manfaatnya dalam Pameran Seni

3. Membangun citra merek yang kuat

Eksterior display yang sesuai dengan identitas merek dapat membantu membangun citra merek yang kuat dan konsisten.

Desain, warna, dan elemen visual yang konsisten dengan nilai dan gaya merek akan memberikan kesan yang positif dan mengingatkan konsumen tentang merek tersebut.

4. Menyampaikan pesan promosi

Eksterior display dapat digunakan untuk menyampaikan pesan promosi atau penawaran khusus kepada calon konsumen.

Dengan menggunakan signage yang jelas dan informatif, toko dapat menarik perhatian calon konsumen dengan penawaran yang menarik dan mendorong mereka untuk memasuki toko.

5. Meningkatkan potensi konversi pembelian

Eksterior display yang menarik dan mengundang minat dapat meningkatkan potensi konversi calon konsumen menjadi pelanggan yang sebenarnya.

Dengan menampilkan produk atau penawaran yang menarik, calon konsumen akan merasa tertarik untuk memasuki toko dan melakukan pembelian.

Baca juga: Pengertian Facing Out Display dan Manfaat Untuk Promosi Produk

6. Menciptakan suasana yang mengundang

Eksterior display yang dirancang dengan baik dapat menciptakan suasana yang mengundang dan nyaman bagi calon konsumen.

Tampilan yang menarik, pencahayaan yang baik, dan dekorasi yang sesuai dapat menciptakan atmosfer yang positif dan mengundang konsumen untuk menjelajahi toko atau bisnis tersebut.

Itulah pengertian eksterior display dan manfaatnya untuk menarik perhatian calon konsumen. Ketika dapat menerapkan teknik ini dengan baik, maka toko akan mengalami peningkatan konversi penjualan.