Pengertian E-Learning, Manfaat, Contoh, dan Rekomendasi Aplikasi yang Sering Digunakan

e-learning adalah

Pengertian e-learning (pexels.com/Julia M Cameron)

E-learning atau pembelajaran elektronik adalah metode pembelajaran yang menggunakan teknologi digital untuk menyampaikan materi pelajaran yang dilakukan antara peserta didik dan pengajar.

E-learning memanfaatkan internet, perangkat keras elektronik, dan perangkat lunak seperti aplikasi untuk memfasilitasi proses pembelajaran jarak jauh.

Metode pembelajaran e-learning telah menjadi alternatif yang populer dalam sistem pendidikan modern yang diminati belakangan ini.

Sebab, dengan e-learning, peserta didik dapat belajar secara mandiri, fleksibel, dan dengan akses yang lebih luas melalui platform online.

Baca juga: 10 Rekomendasi Fakultas Ilmu Budaya dari Beberapa Universitas Ternama di Indonesia

Manfaat E-Learning

manfaat e-learning

manfaat e-learning (pexels.com/Julia M Cameron)

E-learning memiliki beberapa karakteristik dan manfaat yang membedakannya dari metode pembelajaran konvensional. Adapun beberapa manfaat e-learning adalah sebagai berikut:

1. Fleksibilitas

Fleksibilitas waktu dan tempat menjadi salah satu keunggulan utama e-learning. Dengan akses internet, peserta didik dapat belajar di manapun dan kapanpun sesuai dengan jadwal dan kenyamanan mereka.

2. Aksesibilitas

E-learning menyediakan aksesibilitas yang lebih luas. Peserta didik dari berbagai latar belakang geografis atau keadaan fisik dapat mengakses materi pembelajaran yang sama dengan peserta didik lainnya.

3. Format Pembelajaran

E-learning menawarkan beragam format pembelajaran yang kaya. Selain teks, konten pembelajaran dapat disajikan dalam bentuk video, audio, gambar, animasi, simulasi, dan lain sebagainya.

Metode ini memungkinkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menarik, dan sesuai dengan gaya belajar masing-masing individu.

4. Interaksi

E-learning memungkinkan interaksi yang lebih besar serta intens antara peserta didik dan pengajar.

Meskipun tidak bertemu langsung, peserta didik dapat berkomunikasi dengan pengajar melalui forum diskusi, pesan elektronik, atau video konferensi.

5. Evaluasi

E-learning memungkinkan pelacakan dan evaluasi kemajuan belajar secara langsung. Melalui perangkat lunak pembelajaran yang canggih, pengajar dapat memantau aktivitas dan progres peserta didik.

Sistem ini memungkinkan penggunaan tes online dan tugas yang memudahkan pengukuran pencapaian pembelajaran.

6. Efisiensi

E-learning dapat mengurangi biaya yang terkait dengan pendidikan konvensional, seperti transportasi, biaya hidup, biaya penginapan, dan biaya pembelian buku.

Peserta didik dapat mengakses materi pembelajaran secara digital dan menghemat biaya yang terkait dengan kehadiran fisik di lembaga pendidikan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu SKS dan Cara Menghitungnya yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru

Contoh E-Learning

contoh e-learning

contoh e-learning (pexels.com/Julia M Cameron)

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan e-learning:

1. Platform Pembelajaran Online

Ada banyak platform pembelajaran online yang menyediakan materi pelajaran, modul interaktif, dan tes online. Contohnya adalah Coursera, Udemy, Ruangguru, Quipper, dan sebagainya.

Peserta didik dapat mengakses materi pembelajaran, menyelesaikan tugas, dan berpartisipasi dalam forum diskusi melalui platform ini.

2. Kursus Daring dalam Institusi Pendidikan

Banyak institusi pendidikan, mulai dari sekolah hingga perguruan tinggi, menawarkan kursus atau mata pelajaran secara daring.

Peserta didik dapat mengikuti kuliah, mendownload materi pembelajaran, dan mengumpulkan tugas melalui platform pembelajaran institusi tersebut.

3. Webinar dan Video Pembelajaran

Banyak organisasi atau individu menyelenggarakan webinar atau mengunggah video pembelajaran di platform seperti YouTube.

Peserta didik dapat mengakses webinar atau video ini untuk mempelajari topik tertentu dan mendapatkan penjelasan yang lebih mendalam.

4. Pelatihan dan Sertifikasi Profesional

E-learning juga digunakan untuk pelatihan dan sertifikasi profesional. Contohnya adalah kursus online untuk sertifikasi dalam bidang IT, keuangan, manajemen proyek, dan lain sebagainya.

Peserta didik dapat mengikuti kursus online, mengikuti tes, dan mendapatkan sertifikat sebagai bukti keahlian.

5. Simulasi dan Permainan Pembelajaran

Dalam e-learning, terdapat pula penggunaan simulasi dan permainan pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik.

Misalnya, simulasi pengoperasian pesawat terbang atau permainan interaktif yang mengajarkan keterampilan matematika.

6. Kelas Virtual dan Diskusi Online

Dalam e-learning, peserta didik dapat berpartisipasi dalam kelas virtual melalui platform konferensi video, seperti Zoom atau Google Meet.

Mereka dapat berinteraksi dengan pengajar dan peserta didik lainnya, berdiskusi, dan bertanya melalui fitur-fitur yang disediakan.

7. E-book dan Materi Pembelajaran Digital

Banyak buku teks dan materi pembelajaran yang tersedia dalam format digital. Peserta didik dapat mengakses e-book atau materi digital ini melalui perangkat elektronik mereka dan belajar secara mandiri.

Baca juga: 10 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Lengkap dengan Brosurnya

Aplikasi E-Learning

aplikasi e-learning

aplikasi e-learning (pexels.com/Julia M Cameron)

Aplikasi e-learning adalah perangkat lunak atau platform digital yang dirancang khusus untuk menyediakan layanan pembelajaran online.

Aplikasi ini memungkinkan pengajar untuk mengunggah dan mengorganisir materi pembelajaran, memberikan tugas, berinteraksi dengan peserta didik, dan melakukan evaluasi hasil belajar.

Sementara itu, peserta didik dapat mengakses materi pembelajaran, berpartisipasi dalam diskusi, mengumpulkan tugas, dan mengikuti tes atau ujian secara online melalui aplikasi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi e-learning yang populer, baik di Indonesia maupun luar negeri.

1. Google Classroom

Google Classroom adalah platform e-learning yang memungkinkan pengajar untuk membuat kelas online, mengunggah materi pembelajaran, memberikan tugas, dan berinteraksi dengan peserta didik melalui forum diskusi.

2. Moodle

Moodle adalah platform manajemen pembelajaran open-source yang digunakan oleh banyak institusi pendidikan.

Moodle menyediakan berbagai fitur, seperti pengunggahan materi pembelajaran, forum diskusi, pengumpulan tugas, dan tes online.

3. Edmodo

Edmodo adalah platform sosial e-learning yang dirancang khusus untuk penggunaan di sekolah.

Dalam Edmodo, pengajar dapat membuat kelas, berbagi materi pembelajaran, memberikan tugas, dan berkomunikasi dengan peserta didik melalui pesan dan forum.

4. Schoology

Schoology adalah platform pembelajaran online yang dirancang untuk mengintegrasikan pembelajaran dalam kelas dengan pembelajaran daring.

Schoology menyediakan fitur seperti pengunggahan materi pembelajaran, pengumpulan tugas, forum diskusi, dan kalender.

5. Duolingo

Duolingo adalah aplikasi e-learning yang fokus pada pembelajaran bahasa dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan melalui permainan, tes, dan latihan praktis.

6. Udemy

Udemy adalah platform pembelajaran online yang menyediakan berbagai kursus dalam berbagai bidang, seperti teknologi, bisnis, seni, dan keterampilan pribadi.

Peserta didik dapat mengakses video pembelajaran, mengikuti tes, dan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan kursus.

7. Ruangguru

Ruangguru adalah platform e-learning yang menyediakan berbagai materi pembelajaran dan kelas online dari tingkat SD hingga SMA.

Ruangguru menyediakan video pembelajaran, latihan soal, dan fitur diskusi untuk membantu peserta didik belajar secara interaktif.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Banyak Disesali oleh Lulusannya

8. Zenius

Zenius adalah platform e-learning yang menyediakan video pembelajaran, modul latihan, dan kelas online untuk berbagai mata pelajaran dan jenjang pendidikan.

Zenius fokus pada materi pelajaran kurikulum nasional dan mendukung persiapan ujian nasional.

9. Quipper

Quipper adalah platform e-learning yang menyediakan materi pembelajaran dan latihan soal untuk tingkat SD hingga SMA.

Quipper memadukan animasi, video, dan konten interaktif untuk memfasilitasi pembelajaran yang menarik dan efektif.

10. Ruangkelas

Ruangkelas adalah platform e-learning yang menyediakan kelas online dengan pengajar profesional dalam berbagai mata pelajaran dan keterampilan.

Peserta didik dapat memilih kelas yang diinginkan dan belajar melalui sesi video streaming interaktif.

11. Kelas Pintar

Kelas Pintar adalah aplikasi e-learning yang menyediakan video pembelajaran dan latihan soal untuk tingkat SD, SMP, dan SMA.

Aplikasi ini memiliki materi pelajaran yang lengkap sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia.

12. Quipper School

Quipper School adalah platform e-learning yang dirancang khusus untuk digunakan di lingkungan sekolah.

Platform ini memungkinkan pengajar untuk membuat kelas online, mengunggah materi pembelajaran, memberikan tugas, dan melacak kemajuan peserta didik.

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu e-learning lengkap dengan manfaat, contoh, serta aplikasi yang umum digunakan.

Semoga bermanfaat, ikuti Google Berita Sastrawacana.id agar tidak ketinggalan artikel menarik lainnya.