Apa Fungsi dan Peranan Tokoh Utama dalam Cerita Fiksi?

fungsi tokoh utama dalam cerita

Fungsi tokoh utama dalam cerita (pexels.com/Aline Viana Prado)

Tokoh utama adalah tokoh sentral yang paling banyak muncul dan paling banyak berinteraksi dengan tokoh-tokoh lain dalam cerita.

Tokoh utama sering kali menjadi pusat perhatian cerita yang mengalami konflik dan mencari jalan keluar dengan melibatkan beberapa tokoh pendukung lainnya.

Baca juga: Mengenal Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Karya Sastra

Fungsi dan Peranan Tokoh Utama dalam Cerita Fiksi

Tokoh utama dalam cerita memiliki beberapa fungsi dan peranan penting, berikut diantaranya:

1. Penggerak Plot

Tokoh utama sering kali menjadi motor penggerak plot cerita. Tindakan dan keputusan tokoh utama mempengaruhi alur cerita dan mengarahkan perkembangan peristiwa.

Kemudian, tokoh utama juga menjalani perjalanan yang signifikan, menghadapi tantangan, dan mengambil keputusan penting yang mempengaruhi jalannya cerita.

2. Pusat Perhatian

Tokoh utama menjadi pusat perhatian cerita karena selalu menerima sorotan dan muncul dalam sebagian besar adegan.

Identifikasi pembaca atau penonton dengan tokoh utama memungkinkan mereka untuk terhubung secara emosional dan terlibat dengan cerita secara lebih dalam.

3. Pengembangan Karakter

Tokoh utama cenderung mengalami perkembangan karakter yang signifikan sepanjang cerita. Perjalanan tokoh utama dan pertumbuhan mereka menjadi fokus utama dalam pengembangan karakter dalam cerita.

Baca juga: Apresiasi Sastra: Pengertian Menurut Ahli, Tujuan, dan Fungsi

4. Representasi Tema

Tokoh utama dapat mewakili tema-tema penting dalam cerita karena dapat menjadi simbol atau perwujudan dari ide yang ingin disampaikan oleh penulis.

Perjalanan dan tindakan tokoh utama dapat menyampaikan pesan atau gagasan yang lebih dalam kepada pembaca atau penonton.

5. Pencipta Konflik

Tokoh utama sering kali berada di tengah-tengah konflik utama dalam cerita. Tantangan dan rintangan yang dihadapi menciptakan ketegangan dan drama yang mempertahankan minat pembaca atau pemirsa.

6. Representasi Nilai

Tokoh utama dapat mewakili nilai-nilai yang penting dalam cerita. Tokoh utama juga dapat menjadi teladan atau model peran bagi pembaca atau penonton. Tindakan dan pilihan mereka menggambarkan keyakinan moral atau etika tertentu.

Itulah penjelasan tentang fungsi dan peranan tokoh utama dalam cerita fiksi. Secara keseluruhan, tokoh utama adalah karakter sentral yang memainkan peran utama dalam cerita fiksi yang berfungsi sebagai penggerak alur dalam cerita.