Pengertian Subjek Penelitian Menurut Ahli dan Contohnya

subjek penelitian

Pengertian subjek penelitian dan contohnya

Subjek penelitian adalah sebuah unsur yang harus adalah dalam penelitian untuk sumber informasi bagi peneliti dalam mengumpulkan informasi.

Maka, subjek penelitian penting dipahami oleh mahasiswa maupun akademisi yang hendak melakukan penelitian agar hasil penelitian menjadi lebih baik.

Berikut ini adalah pengertian subjek penelitian dan contohnya yang telah dirangkum oleh Sastrawacana.id.

Baca juga: Pengertian Observasi: Definisi, Jenis, dan Contoh, dan Manfaatnya

Pengertian Subjek Penelitian

Pengertian subjek penelitian adalah orang maupun sesuatu yang digunakan sebagai sumber informasi bagi peneliti.

Sumber informasi didapat dari subjek sebagai informan, maka subjek penelitian mengikuti dari topik apa yang dibahas dalam sebuah penelitian,

Semisal sedang meneliti tentang kebudayaan Jawa, maka subjek penelitiannya adalah para tokoh budayawan yang memiliki serta memahami sejarah dari keris.

Sehingga dalam kegiatan observasi, subjek penelitian mempunyai peran yang sangat penting karena pada subjek tersebutlah didapatkan data yang sedang diamati.

Adapun cara paling umum yang digunakan untuk menggali informasi dari subjek penelitian adalah dengan melakukan wawancara, yaitu tanya jawab langsung terhadap subjek penelitian.

Baca juga: 10 Kaidah Kebahasaan Karya Ilmiah yang Baik dan Benar

Pengertian Subjek Penelitian Menurut Ahli

1. Muhammad Idrus (2009)

Mendefinisikan subjek penelitian adalah elemen benda, individu maupun organisme sebagai sumber informasi yang diperlukan peneliti untuk mendapatkan data penelitian.

2. Arikunto (2016:26)

Subjek penelitian adalah memberi batasan subjek penelitian sebagai benda, hal atau orang tempat data untuk variabel penelitian melekat, dan yang dipermasalahkan.

3. Sugiyono

Subjek penelitian menurut Sugiyono adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, objek atau kegiatan yang mempunyai variabel tertentu yang ditetapkan untuk dipelajari dan ditarik kesimpulan.

4. KBBI

Subjek penelitian adalah orang, tempat, atau benda yang diamati dalam rangka pembuntutan sebagai sasaran.

Baca juga: 10 Pengertian Dokumentasi Menurut Para Ahli

Contoh Subjek Penelitian

Berikut ini adalah beberapa contoh subjek penelitian dari berbagai bidang.

1. Contoh Subjek Penelitian Perpustakaan

Dalam meneliti perpustakaan, maka peneliti perlu subjek yang menjadi sumber informasi. Dalam hal ini, subjek penelitian bisa pustakawan maupun mahasiswa yang memiliki tugas menjaga perpustakaan di kampus.

2. Contoh Subjek Penelitian Pendidikan

Dalam meneliti perkembangan pendidikan, maka peneliti membutuhkan subjek penelitian yang berkecimpung langsung, seperti guru maupun siswa untuk menggali informasi dan isu-isu terkini seputar pendidikan.

3. Contoh Subjek Penelitian Perusahaan

Ketika peneliti ingin melakukan penelitian terhadap kinerja sebuah perusahaan, maka subjek penelitian yang tepat adalah pimpinan perusahaan atau karyawan yang telah lama bekerja di perusahaan tersebut sehingga tahu bagaimana sejarah dan perkembangannya.

4. Contoh Subjek Penelitian Lingkungan

Dalam penelitian lingkungan, subjek penelitian adalah orang yang paham tentang masalah lingkungan sekitar, salah satunya adalah ketua RW setempat atau bahkan kepala desa dalam ruang lingkup yang lebih luas.

5. Contoh Subjek Penelitian Olahraga

Ketika ingin menggali informasi seputar olahraga, maka peneliti butuh pelaku sebagai subjek penelitian, yaitu pemain olahraga itu sendiri sehingga informasi yang didapat bisa efektif dan terpercaya.

Itulah pengertian subjek penelitian dan contohnya. Kesimpulannya, subjek penelitian adalah orang atau benda yang menjadi sumber informasi bagi peneliti.