7 Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Ahli dan Penjelasannya

Indikator Kepuasan Pelanggan

Indikator Kepuasan Pelanggan (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kepuasan pelanggan adalah suatu kondisi ketika pelanggan merasa puas terhadap produk maupun layanan jasa yang diberikan oleh pelaku bisnis.

Kepuasan pelanggan adalah salah satu faktor penting dalam dunia bisnis.

Konsumen yang merasa puas dengan produk atau layanan yang diberikan oleh suatu perusahaan cenderung akan menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan bisnis tersebut kepada orang lain.

Maka, hendaknya setiap perusahaan harus mengetahui bagaimana cara agar pembeli menjadi pelanggan serta cara mencari pelanggan baru. Tak lupa juga perusahaan harus tahu bagaimana cara menarik perhatian pelanggan.

Perusahaan harus memahami kebutuhan dan harapan pelanggan, serta memastikan bahwa produk atau layanan yang diberikan berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar yang diinginkan oleh konsumen.

Baca juga: 5 Faktor yang Menentukan Kepuasan Pelanggan

Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Ahli

Ada cara mengukur kepuasan pelanggan yang telah diteliti oleh ahli, salah satunya yang dilakukan oleh Rondonuwu dan Komalig.

Menurut Rondonuwu dan Komalig dalam jurnal Purnomo Edwin Setyo (2017), kepuasan konsumen diukur dari sebaik apa harapan konsumen atau pelanggan terpenuhi. Menjelaskan indikator kepuasan pelanggan, yaitu:

1. Terpenuhinya harapan konsumen

Konsumen merasakan kepuasan akan terpenuhinya keinginan dan kebutuhan dari suatu produk barang atau jasa.

2. Sikap atau keinginan menggunakan produk

Sikap merupakan kecenderungan yang dipelajari, ini berarti bahwa sikap yang berkaitan dengan perilaku membeli terbentuk sebagai hasil dari pengalaman langsung mengenai produk, informasi secara lisan yang diperoleh dari orang lain atau terpapar oleh iklan di media masa, internet dan berbagai bentuk pemasaran langsung.

Baca juga: Pengertian Modal Kerja dan Modal Investasi Beserta Contohnya

3. Merekomendasikan kepada pihak lain

Konsumen akan selalu merekombenasikan hasil pengalamanya kepada orang lain atas apa yang di peroleh dari suatu kualitas produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.

4. Kualitas layanan

Kualitas pelayanan pelanggan dapat diwujudkan melalui pemenuhan dan keingianan konsumen serta ketepatan menyampaikan untuk mengimbangi harapan konsumen.

Indikator ini juga menjadi cara menarik pelanggan agar tertarik. Ketika kualitas layanan baik, maka kepuasan pelanggan akan semakin tinggi.

5. Loyal

Konsumen memiliki berbagai alasan untuk tidak mengembangkan loyalitas terhadap produk atau jasa tertentu, yang mampu memberikan manfaat atau harapan mereka terpenuhi.

Baca juga: Pengertian Pencucian Uang Menurut Para Ahli

6. Reputasi yang baik

Upaya Bagi suatu perusahaan dimana produk utama yang dihasilkan adalah suatu jasa, maka reputasi dan nama baik sangat menentukan adanya anggapan bahwa reputasi yang berupa citra merk (brand image), citra perusahaan (company image), reputasi merk (brand reputation), nama yang terbaik (the best name), pelayanan prima (service excelent) dan semua yang beruhubungan dengan kepuasan konsumen mendapatkan proritas.

7. Lokasi

Yang dimaksud dengan lokasi adalah tempat dimana perusahan memperjual belikannya produk barang/jasa yang ditawarkan kepada konsumen.