5 Perbedaan Cumi dan Sotong, Serupa Tapi Tak Sama

perbedaan cumi dan sotong

Perbedaan cumi dan sotong (Pexels.com/ธันยกร ไกรสร)

Cumi dan sotong adalah dua jenis hewan laut yang sering dijadikan bahan makanan oleh masyarakat, terutama di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Perbedaan Cumi dan Sotong

Meskipun kedua hewan laut ini memiliki kesamaan dalam penampilan fisik, namun sebenarnya terdapat perbedaan yang signifikan antara cumi dan sotong.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan cumi dan sotong yang perlu kamu ketahui.

1. Berbeda ukuran

Cumi memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan sotong. Ukuran tubuh cumi biasanya hanya sekitar 10-20 cm sedangkan sotong bisa mencapai lebih dari 50 cm.

Baca juga: 6 Perbedaan Soun dan Bihun, Serupa Tapi Tak Sama

2. Berbeda ciri khas fisiknya

Cumi memiliki kepala yang lebih bulat dan sepasang sayap yang disebut dengan fins. Sementara itu, sotong memiliki kepala yang lebih panjang dan memiliki sepasang tentakel yang lebih panjang daripada cumi.

3. Berbeda rasa dan tekstur dagingnya

Daging cumi lebih kenyal dan berwarna putih pucat, sedangkan daging sotong lebih empuk dan memiliki rasa yang lebih kuat.

4. Berbeda cara memasaknya

Cumi biasanya dimasak dengan cara dipanggang, digoreng atau dibakar, sementara sotong lebih cocok dimasak dengan cara direbus, digoreng atau dibuat sotong asam manis.

Baca juga: 6 Perbedaan Matcha dan Green Tea, Serupa Tapi Tak Sama

5. Nutrisi dan kandungan

Dalam hal nutrisi, kedua jenis hewan laut ini memiliki kandungan protein dan rendah kalori yang tinggi. Namun, sotong memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi daripada cumi.

Meskipun cumi dan sotong seringkali disamakan, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan baik dari segi ukuran tubuh, ciri khas fisik, rasa dan tekstur daging, serta cara memasaknya.