6 Pakaian Adat Sumatera Barat dan Karakteristiknya

pakaian adat sumatera barat

Pakaian Adat Sumatera Barat (Flickr.com/Francis Johns)

Sumatera Barat sangat kaya akan warisan budaya dan tradisi dalam berbagai hal, salah satunya adalah pakaian adat.

Daerah yang juga disebut Tanah Minang ini memiliki beragam pakaian adat yang memukau yang biasanya dikenakan pada acara-acara tertentu.

Berikut ini beberapa jenis pakaian adat Sumatera Barat yang terkenal, antara lain:

Baca juga: Mengenal Alat Musik Tifa dan Cara Memainkannya

1.  Baju Batusangkar

Baju Batusangkar namanya diambil dari salah satu daerah di Sumatera Barat. Untuk pria, mengenakan celana panjang dan kain songket tenun yang dilingkarkan di badan.

Kemudian, pakaian yang dikenakan bersulam emas pada bagian tangan dan kerah. Pada bagian kepala, memakai penutup yang bernama saluak.

Sementara untuk wanita, mengenakan baju karung, penutup dada dan kain songket. Baju bersulam emas pada bagian tangan dan leher, serta terpasang tutup kepala.

2. Baju Batabue

Baju bertabur maksudnya baju yang ditaburi dengan benang emas. Tabur emas ini maksudnya kekayaan alam Minangkabau.

3. Baju Bundo Kanduang

Bundo Kanduang atau Limpapeh Rumah Nan Gadang dikenakan oleh wanita yang sudah menikah, sehingga pakaian adat ini sebagai simbol betapa pentingnya peran seorang ibu di dalam keluarga.

4. Pakaian Adat Penghulu

Pakaian adat penghulu khusus pria yang tidak boleh dipakai oleh sembarang orang. Menurut sejarah, baju ini pada zaman dulu dikenakan oleh kepala suku. Baju ini juga menyimbolkan ketegasan serta kepemimpinan.

Baca juga: 5 Lagu Daerah Papua dan Maknanya

5. Baju Kuruang Basiba

Baju kuruang basiba adalah baju perempuan Minangkabau dengan ciri khas pada bagian samping terdapat siba dengan panjang baju sebatas lutut. Bagian leher bulat tanpa kerah dan sedikit diberi belahan sebatas dada.

6. Pakaian Adat Pengantin

Pakaian adat ini hanya dipakai untuk upacara pernikahan adat Sumatera Barat. Umumnya, warna yang dipilih adalah merah dengan aksesori dan tutup kepala.

Itulah beberapa contoh pakaian adat Sumatera Barat yang sudah diwariskan sejak zaman dahulu oleh masyarakat Tanah Minang.