6 Ciri-Ciri Hamster Hamil, Salah Satunya Jadi Lebih Agresif

ciri-ciri hamster hamil

Ciri-ciri hamster hamil (pexels.com/Juris Freidenfelds)

Hamster adalah hewan kecil yang populer sebagai hewan peliharaan karena termasuk hewan lucu dengan tubuh yang kecil dan bulu yang lembut.

Selain itu, hamster sangat lincah dan cerdas, sehingga menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan dan menarik untuk dipelihara.

Ciri-Ciri Hamster Hamil

Layaknya hewan peliharaan lain, hamster pun bisa hamil dan memiliki keturunan. Beberapa ciri-ciri hamster hamil adalah sebagai berikut.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Kutu Kucing, Ampuh dan Cepat

1. Berat Badan Bertambah

Jika hamster betina sedang hamil, biasanya akan terjadi peningkatan berat badan yang cukup signifikan. Peningkatan berat badan biasanya terjadi pada minggu-minggu pertama kehamilan.

2. Perut Membesar

Pada minggu-minggu selanjutnya, perut hamster betina akan semakin membesar. Anda mungkin akan melihat perut hamster terlihat lebih bulat dan besar dari biasanya.

3. Perubahan pada Gaya Hidup

Hamster hamil cenderung lebih mudah lelah dan kurang aktif dari biasanya. Mereka mungkin lebih sering tidur dan makan dari sebelumnya.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Kucing Hamil dan Tips Persiapan Kelahiran Kucing

4. Pembesaran Puting Susu

Pada beberapa minggu terakhir kehamilan, puting susu hamster betina akan membesar dan lebih mudah terlihat. Hal ini menandakan bahwa hamster betina akan segera melahirkan.

5. Peningkatan Aktivitas Bersih-bersih

Hamster betina yang sedang hamil mungkin akan lebih sering membersihkan tubuh dan kandangnya. Mereka ingin memastikan bahwa kondisi sekitarnya bersih dan siap untuk kelahiran.

6. Perilaku Agresif

Beberapa hamster betina yang sedang hamil mungkin menunjukkan perilaku agresif. Hal ini bisa terjadi karena mereka merasa stres atau cemas akan proses kelahiran yang akan segera terjadi.

Jika kamu mengamati beberapa ciri-ciri di atas pada hamster betina, kemungkinan besar dia sedang hamil.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua hamster betina menunjukkan gejala yang sama saat hamil.

Penting juga untuk memberikan perhatian khusus pada kesehatan hamster betina selama kehamilan.

Pastikan hamster mendapatkan makanan yang cukup dan sehat serta lingkungan kandang yang bersih dan nyaman.

Saat hamster betina melahirkan, pastikan kamu memberikan lingkungan yang tenang dan aman untuknya.

Kamu juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar kandang dan membantu hamster merawat anak-anaknya jika perlu.