Tips dan Cara Merebus Telur Agar Mudah Dikupas

cara merebus telur agar mudah dikupas

Cara merebus telur agar mudah dikupas (pexels.com/Karolina Grabowska)

Telur rebus adalah telur yang dimasak dalam air mendidih hingga matang.

Telur rebus dapat menjadi pilihan makanan yang praktis dan mudah disajikan, serta kaya akan nutrisi seperti protein, vitamin B12, dan selenium.

Selain itu, telur rebus juga sering dijadikan bahan olahan makanan seperti telur salad, telur goreng, atau bahan campuran dalam adonan kue.

Agar mudah dikupas, sebaiknya telur direbus dengan menggunakan teknik yang tepat dan menggunakan telur yang sudah diambil dari kulkas selama 15-20 menit sebelum dimasak.

Berikut adalah cara merebus telur agar mudah dikupas:

1. Ambil telur-telur dari kulkas dan biarkan pada suhu ruang selama sekitar 15-20 menit sebelum dimasak. Telur yang tidak terlalu dingin akan lebih mudah dikupas nantinya.

2. Siapkan panci dan tuangkan air secukupnya. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit air, cukup untuk menutupi telur. Kemudian panaskan air hingga mendidih.

3. Setelah air mendidih, turunkan suhu api menjadi sedang. Kemudian masukkan telur ke dalam air dengan hati-hati menggunakan sendok atau penjepit telur.

4. Rebus telur selama 10-12 menit untuk mendapatkan telur yang matang sempurna. Untuk telur setengah matang, rebus selama 6-8 menit.

5. Setelah telur matang, tiriskan air rebusan dan langsung celupkan telur ke dalam wadah berisi air es atau air dingin selama beberapa menit.

6. Setelah itu, guncangkan telur dengan lembut pada permukaan meja atau piring hingga kulitnya retak-retak. 

7. Kemudian kupas kulit telur perlahan dengan menggunakan jari-jari tangan atau bantuan sendok kecil.

Dengan cara tersebut, diharapkan telur dapat direbus dengan baik dan mudah dikupas kulitnya, sehingga lebih nyaman untuk dikonsumsi atau digunakan untuk olahan makanan.