Nama-Nama Alat Musik Jawa Timur dan Fungsinya

Alat Musik Jawa Timur

Alat Musik Jawa Timur (Flickr.com/Andrew Otto)

Alat Musik Jawa Timur

Jawa Timur memiliki alat musik tradisional yang beraneka ragam dengan ciri khas sendiri sehingga membuatnya berbeda dengan alat musik tradisional daerah lainnya.

Menurut sejarah, alat musik Jawa Timur sudah ada sejak zaman kerajaan Hindu Budha yang lebih banyak digunakan sebagai ritual keagamaan dan penyambutan tamu kerajaan.

{inAds}

Setelah masa itu berakhir, alat musik tradisional Jawa Timur mengalami perkembangan sehingga fungsinya lebih beraneka ragam, salah satunya adalah sebagai sarana hiburan untuk masyarakat.

Baca juga: Pengertian Alat Komunikasi Tradisional, Contoh dan Penggunaannya

Nama Alat Musik Jawa Timur dan Fungsinya

Berikut ini adalah beberapa nama alat musik tradisional Jawa Timur yang terkenal, diantaranya:

1. Gamelan Jawa Timur

Gamelan Jawa Timur memiliki karakteristik yang berbeda dengan gamelan dari daerah lainnya. Alat musik gamelan Jawa Timur terdiri dari beberapa jenis, seperti bonang, kenong, gong, saron, dan slenthem.

2. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional Jawa Timur yang bentuknya bulat panjang, terbuat dari bambu. Fungsi angklung sebagai pengiring yang dimainkan bersama dengan tari atau wayang.

Baca juga: Mengenal Alat Musik Tifa dan Cara Memainkannya

3. Gender

Gender adalah alat musik tradisional yang terdiri dari serangkaian logam yang disusun sejajar. Di Jawa Timur, gender biasanya dimainkan bersamaan dengan gamelan atau berfungsi sebagai pengiring wayang.

{inAds}

4. Rebab

Rebab adalah alat musik tradisional berupa biola yang terbuat dari kayu dan dawai kambing. Fungsinya adalah untuk pengiring lagu sinden.

5. Kendang

Kendang adalah alat musik perkusi yang terbuat dari kayu dan kulit kambing. Di Jawa Timur, kendang biasanya dimainkan bersamaan dengan gamelan atau dalam pengiringan tari.

Baca juga: Pengertian Alat Musik Melodis, Fungsi, Beserta Contohnya

6. Bonang

Bonang adalah alat musik gamelan yang terdiri dari serangkaian gong kecil yang disusun secara vertikal. Fungsinya sebagai pelengkap atau bagian dari gamelan yang biasanya digunakan untuk pengiring sebuah acara, seperti pernikahan, ritual, dan sebagainya.

7. Gambang

Gambang adalah alat musik tradisional Jawa Timur yang terdiri dari bilah-bilah kayu. Fungsi dari gambang adalah untuk pembukaan gending-gending serta memperindah irama dalam iringan.

{inAds}

8. Kempul

Kempul adalah alat musik Jawa Timur yang bentuknya menyerupai gong, tapi kecil dan terbuat dari kuningan. Fungsinya untuk pelengkap gamelan yang biasanya digunakan dalam kegiatan seni, seperti jaranan, wayang, dan sebagainya.

Baca juga: Pengertian Seni Musik (Unsur, Jenis, dan Contohnya)

9. Ketipung

Ketipung adalah alat musik Jawa Timur yang terbuat dari kayu dan kulit sapi, bentuknya menyerupai kendang. Hanya saja, ketipung memiliki beberapa bentuk sehingga suaranya lebih bervarian. Fungsinya sebagai pengiring dalam musik.

10. Kluncing

Kluncing adalah alat musik tradisional Jawa Timur yang terbuat dari logam dengan bentuk segitiga. Fungsinya adalah untuk pengiring musik agar lebih ramai.

Itulah sejarah dan nama-nama alat musik Jawa Timur yang saat ini masih terus digunakan dalam berbagai acara, khususnya dalam melaksanakan kegiatan tradisi.