Header Ads Widget

10 Pengertian Linguistik Historis Komparatif Menurut Para Ahli

Linguistik historis komparatif
Source: pexels.com/Enzo Muñoz

Pengertian Linguistik Historis Komparatif

Linguistik Komparatif Historis adalah cabang linguistik yang mempelajari perkembangan bahasa dari waktu ke waktu dengan mengamati cara-cara perubahan bahasa dan mencari tahu penyebab perubahan bahasa tersebut.

Baca juga: Pengertian Fonologi Menurut Para Ahli

Pengertian Linguistik Historis Komparatif Menurut Para Ahli

1. Menurut Robins (1975)

Linguistik Komparatif termasuk dalam bidang kajian linguistik memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan sumbangan berharga bagi pemahaman tentang hakekat kerja bahasa dan perkembangan (perubahan ) bahasa-bahasa di dunia.

2. Keraf (1990:2)

Linguistik komparatif merupakan suatu cabang dari ilmu bahasa (linguistik) yang berusaha untuk meletakkan dasar-dasar pengertian tentang perkembangan dan kekerabatan antara bahasa-bahasa di dunia dan mencoba menemukan unsur-unsur pengaruh timbal balik antara bahasa-bahasa yang pernah mengadakan kontak dalam sejarah.

Baca juga: 10 Pengertian Pragmatik Menurut Para Ahli

3. Antilla (1972: 20)

Linguistik historis komparatif bertugas menetapkan data bahasa serta kekerabatan antara satu bahasa dengan bahasa lain sehingga memiliki kaitan dengan pengelompokan bahasa.

4. Krisanjaya (2011:4)

Linguistik bandingan historis memiliki tujuan utama untuk menemukan kesamaan rumpun dan kedekatan bahasa.

Linguistik bandingan historis merupakan cabang ilmu linguistik yang mengkaji bahasa dan bertujuan untuk menemukan kesamaan unsur-unsur bahasa dalam kurun waktu tertentu.

Baca juga: Pengertian Stilistika Menurut Para Ahli

5. Suparno (2013: 28)

Linguistik Historis Komparatif adalah kajian atas perkembangan dan perbandingan antara bahasa-bahasa adalah salah satu kajian linguistik. Dalam studi bahasa sekarang, bidang kajian ini disebut linguistik historis komparatif.

6. Rahmawati (2019: 32)

Linguistik Historis Komparatif adalah ilmu yang mengkaji seluk beluk perubahan bahasa baik dari sebab akibat dan cara suatu bahasa mengalami perubahan bahasa dari waktu ke waktu.

Baca juga: 8 Pengertian Morfologi Menurut Para Ahli

7. Yendra (2018:52)

Linguistik historis komparatif disebut juga linguistik diakronik yaitu ilmu linguistik yang mempelajari bahasa guna untuk mengetahui perubahan, perkembangan, struktural bahasa serta bagaiman bentuk keterkaitan bahasa satu dengan bahasa lainnya dari rumpun yang sama.

8. Achmad & Abdullah (2013)

Mengelompokkan linguistik historis komparatif ke dalam linguistik diakronis artinya linguistik historis komparatif berupaya mengkaji bahasa pada masa yang tidak terbatas.

Baca juga: 9 Pengertian Semiotika Menurut Para Ahli

9. Pateda (1994)

Linguistik historis komparatif membandingkan dua bahasa atau lebih pada waktu yang berbeda sehingga orang dapat menentukan kekeluargaan dan bahasa induk, bahasa yang digunakan.

10. Maslakhah (2019: 159)

Linguistik Historis Komparatif (Historical Comparative Linguistik) adalah cabang ilmu inguistik yang menelaah perkembangan bahasa dari satu masa ke masa yang lain, mengamati bagaimana bahasa mengalami perubahan, serta mengkaji sebab akibat perubahan bahasa.