Pembelajaran Murid Sebaiknya Berkesinambungan dari Waktu ke Waktu Adalah Asas?

asas kontinyu

Source: Pexels.com

Pembelajaran murid sebaiknya berkesinambungan dari waktu ke waktu adalah asas kontinyu.

Maksud dari asas kontinyu adalah pengembangan dalam pembelajaran harus selalu berkesinambungan dan dilakukan secara terus-menerus dengan menggunakan perencanaan yang baik.

Sebab suatu kondisi yang baik tentu saja butuh proses, tidak mungkin dapat dicapai dalam sekali waktu atau instan.

Tahap demi tahap pengembangan perlu dilakukan yang didasari dengan rencana yang matang.

Baca juga: Ki Hajar Dewantara Mendefinisikan Pendidikan Sebagai Tuntunan Artinya

Dengan perencanaan, maka setiap tahap akan terukur. Ketika sudah melakukan satu tahap, dilanjutkan ke tahap berikutnya melalui evaluasi dan perbaikan yang tepat.

Umumnya pengembangan yang sifatnya mendadak akan hilang dengan cepat. Kemudian juga berpotensi kehilangan semangat di waktu-waktu setelahnya.

Sehingga tidak akan menghasilkan perubahan yang berarti dalam jangka panjang.

Asas kontinyu sendiri dikenalkan oleh Bapak Pendidikan, Ki Hajar Dewantara. Asas kontinyu masuk dalam asas trikon, yang isinya sebagai berikut:

1. Kontinyu: berkesinambungan dan terus-menerus.

2. Konvergen: mengambil sumber lain.

3. Konsentris: berdasarkan kepribadian sendiri.