Header Ads Widget

Arti Lambang Gerakan Pramuka Adalah?

arti lambang pramuka

Pramuka adalah organisasi kepaduan pendidikan non formal yang berkembang secara internasional, termasuk Indonesia.

Awal mula pramuka atau Praja Muda Karana dimulai sejak awal abad 20 yang diprakarsai oleh Boden Powell, yang dikenal sebagai Bapak Pandu Sedunia.

Organisasi Pramuka memiliki lambang tunas kelapa sesuai dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 06/KN/72 yang merupakan pembaruan atau penyempurnaan dari surat keputusan sebelumnya, yaitu 15/KN/67 Tahun 1967.

Baca juga: Sejarah Pramuka Dunia dan Indonesia

Arti Lambang Gerakan Pramuka

Adapun arti lambang Pramuka sebagai berikut:

1. Buah Nyiur yang Sedang Tumbuh

Ketika buah nyiur bertunas, maka disebut sebagai cikal. Dalam Pramuka, cikal dapat diartikan sebagai pemula atau penduduk asli pertama, yang kemudian akan menurunkan generasi baru.

Lambang ini juga mengandung makna tumbuh bahwa setiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup Bangsa Indonesia.

2. Nyiur yang Kokoh

Nyiur atau kelapa memiliki ketahanan yang kuat dalam kondisi apapun. Maka, bermakna bahwa setiap anggota Pramuka adalah seorang yang sehat dan kuat rohaniah dan jasmaniah.

Serta mengartikan tekad yang besar untuk menghadapi setiap rintangan yang menghadang dalam keadaan bagaimanapun juga.

3. Nyiur Menjulang Tinggi

Karakteristik nyiur yang menjulang tinggi melambangkan setiap anggota Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi, lurus, mulia dan jujur dan tidak mudah diombang-ambingkan.

Baca juga: Ki Hajar Dewantara Mendefinisikan Pendidikan Sebagai Tuntunan Artinya

4. Nyiur Memiliki Akar yang Menancap Kuat

Agar dapat tumbuh kokoh, nyiur butuh akar yang menancap kuat pada tanah. 

Melambangkan keyakinan anggota Pramuka yang kuat serta didasari prinsip yang baik, benar, kuat, dan nyata dalam mewujudkan cita-cita.

5. Nyiur Dapat Tumbuh di Mana Saja

Karena kekokohan dan daya tahannya, nyiur dapat tumbuh di mana saja.

Maknanya, setiap anggota Pramuka dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri di tengah masyarakat, di manapun hidup dan tinggal.

6. Nyiur Adalah Pohon Serbaguna

Dari ujung hingga akar, nyiur adalah pohon yang serbaguna.

Melambangkan setiap anggota Pramuka berguna dan membaktikan diri untuk kepentingan tanah air, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat manusia.