Header Ads Widget

Teks Deskripsi: Pengertian Ahli, Ciri, Struktur Dan Contoh Singkat

Teks Deskripsi


Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang menjabarkan atau memaparkan sebuah objek tertentu melalui kata-kata yang membuat pembaca seolah-olah menyaksikan atau merasakan sendiri objek yang dideskripsikan oleh penulis.

Secara etimologis, istilah deskripsi berasal dari bahasa latin yaitu ‘describere’ yang memiliki arti menggambarkan atau memberikan penjelasan mengenai sesuatu. Sementara menurut KBBI, deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Sehingga dalam menulis teks deskripsi, penulis harus mendeskripsikan/menggambarkan objek dengan sangat rinci. Hal tersebut dikarenakan teks deskripsi memiliki tujuan untuk menciptakan rangsangan atau pengaruh panca indera pembaca sehingga bisa menghasilkan kesan tertentu berdasarkan imajinasi dari pembaca.

Pengertian Deskripsi Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa arti teks deskripsi berdasarkan para ahli bahasa dan sastra beserta klarifikasi lengkapnya.

1. Menurut Tarigan

Definisi deskripsi yaitu goresan pena yang sanggup melukiskan sebuah cerita yang bertujuan untuk mengajak pembaca biar sanggup memahami, mencicipi dan menikmati objek yang dibicarakan ibarat suasana hati, kegiatan dan sebagainya.

2. Menurut Keraf

Arti deskripsi berdasarkan Keraf yaitu bentuk wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang menciptakan objek tersebut seolah-olah para pembaca melihat sendiri objek tersebut atau seolah-olah berada di depan mata kepala para pembaca.

3. Menurut Utorodewo

Pengertian deskripsi berdasarkan Utorodewo yaitu bentuk paragraf yang bertujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.

4. Menurut Gorys Keraf

Deskripsi adalah suatu tulisan yang digunakan untuk menyampaikan hal atau objek yang dibicarakan sehingga pembaca bisa seperti melihat sendiri objek yang digambarkan tersebut secara langsung. Penulis harus bisa memindahkan hasi perasaan, rincian wujud yang ditemukan pada suatu hal atau objek.

5. Menurut Felicia Nuradi

Deskripsi merupakan tulisan yang memiliki tujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifat, rasa dan corak dengan mengandalkan panca indra manusia dalam proses penjelasannya.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki ciri yang khas, yang berbeda dari teks lainnya. Berikut merupakan unsur dan ciri-ciri teks deskripsi.
  • Menggambarkan suatu objek ibarat benda, daerah atau suasana tertentu.
  • Melibatkan panca indera ibarat penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman dan perabaan.
  • Mengungkapkan ciri-ciri fisik dan sifat objek ibarat ukuran, bentuk, warna dan sifat objek.
  • Menjelaskan objek dengan jelas, detail dan terperinci.
  • Menggunakan kata-kata atau frasa yang bermakna kata sifat atau keadaan.

Struktur Teks Deskripsi

Secara umum terdapat 3 struktur teks deskripsi yang mencakup identifikasi, penjabaran serta deskripsi atau bagian inti. Berikut yaitu 3 struktur teks deskripsi dan pengertiannya.

1. Identifikasi

Pengertian identifikasi pada teks deskripsi yaitu bab yang berisikan penentuan dari identitas seseorang, benda, atau objek lainnya.

2. Klasifikasi

Pengertian penjabaran pada teks deskripsi yaitu unsur penyusun yang bersistem dalam suatu kelompok berdasarkan kaidah atau standar yang sebelumnya sudah ditetapkan.

3. Bagian Deskripsi

Pengertian bab deskripsi atau bab inti pada paragraf deskripsi yaitu bab yang berisikan citra atau pemaparan wacana suatu objek atau topik yang dibahas.

Contoh Teks Deskripsi

Lapangan Sekolah

Lapangan sekolah kami berada di tengah gedung sekolah. Di setiap sisi lapangan terdapat taman-taman kecil dengan aneka bunga dan tumbuhan berwarna merah membentang luas. Lapangan tersebut berukuran 100 x 120 meter. Selain untuk upacara bendera, kadang kami menggunakan lapangan tersebut untuk bermain sepak bola. Ada gawang besi tertancap di sudut sebelah timur dan barat. Kadang, kami menggunakan setengah lapangan saja karena tepat di tengah lapangan ada garis lurus yang menjadi pembatas.


Dendeng Balado

Dendeng Balado adalah salah satu makanan khas Sumatera Barat. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan melebar, lalu dijemur di bawah sinar matahari yang terik. Hal itu dilakukan agar daging tersebut menjadi kering.

Setelah usai dijemur daging tersebut lalu digoreng hingga kering dan matang, lalu kemudian diberi bumbu balado yang terbuat dari cabai dan bumbu lainnya. Bumbu balado tersebut membuat warna dendeng menjadi kemerah-merahan. Tekstur dagig yang kering, serta rasa pedas dari bumbu balado akan terasa di lidah saat Dendeng Balado disantap.


Wisata Kawah Ijen

Siapa yang tidak kenal dengan Kawah Ijen? Di tempat ini kamu akan melihat pemandangan yang sangat indah sehingga tak heran kalau wisatawan luar negeri atau dalam negeri sering mengunjungi tempat ini.

Wisata alam yang menyajikan danau asam berwarna biru kehijauan dengan diameternya yang mencapai 700 meter serta luasnya sekitar 5.465 hektar. Untuk kedalamannya bisa mencapai 200 meter dengan volume danaunya berkisaran 35 juta meter kubik.

Wisata kawah ijen ini berada di antara dua kabupaten, yakni Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Meskipun demikian, kebanyakan wisatawan akan melalui Banyuwangi. Maka dari itu, banyak orang juga lebih mengenal kalau wisata yang satu ini dikenal sebagai wisata khas dari Banyuwangi. Untuk harga masuk ke Kawah Ijen, kamu harus mengeluarkan biaya yang sebesar 5.000 saja di tiap hari biasa, seperti Senin-Jumat. Untuk hari Sabtu, harga tiket masuknya akan berubah menjadi 7.500 per orang.


Laptop Asus E410ma

Sebagai komputer kelas menengah, laptop Asus E410ma ini sudah dibekali mesin prosesor Interl Caleron N4020 dan juga RAM 4GB. Dengan kapasitas SSD mencapai 512GB, banyak ruang yang tersedia untuk menyimpan berbagai macam file.

Untuk urusan layar juga terbilang bagus untuk ukuran laptop kelas menengah. Pasalnya Laptop Asus E410ma menggunakan kartu grafis Intel UHD Graphics 600. Sehingga tampilan yang dihasilkan begitu memanjakan mata.

Kemudian dari segi desain, seperti yang telah dikatakan di awal bahwa laptop ini sangat kekinian. Tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Peacock Blue, Dreamy White dan Rose Gold. Beratnya yang hanya sekitar 1kg sangat memungkinkan untuk mudah dibawa kemana saja. 

Setiap tipe laptop pasti memiliki keunggulan-keunggulan tertentu yang membuatnya berbeda dari varian lainnya. Di laptop Asus yang satu ini kelebihannya adalah dari segi harga. Meski memiliki tampilan futuristic dan terkesan premium, namun ternyata Asus E410ma hanya dibanderol dengan harga sekitar 6 jutaan rupiah saja.