Header Ads Widget

27 Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

1. John Broadus Watson (1919)

Psikologi berdasarkan John Broadus Watson yakni ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laris tampak (lahiriah) dengan memakai metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan tanggapan (respon).

2. Plato dan Aristoteles

Pengertian psikologi berdasarkan Plato dan Aristoteles yakni ilmu pengetahuan yang mempelajari wacana hakikat jiwa serta prosesnya hingga akhir.

3. Wilhem Wundt (1829)

Definisi psikologi adalah ilmu yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul pada diri manusia, menyerupai perasaan panca indra, pikiran, feeling, dan kehendak.

4. George Berkeley

Menurut teori pendapat dari George Berkeley, pengertian ilmu psikologi secara singkat yakni ilmu wacana penginderaan (persepsi).

5. Kurt Koffka (1925)

Definisi psikologi berdasarkan Kurt Koffka yakni studi ilmiah mengenai sikap makhluk hidup dalam korelasi mereka dengan dunia luar.

6. Dr. Singgih Dirgagunarsa

Menurut pendapat dari Dr. Singgih Dirgagunarsa, definisi psikologi secara umum yakni ilmu yang mempelajari tingkah laris manusia.

7. Clifford T. Morgan

Definisi psikologi berdasarkan Clifford T. Morgan merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laris insan dan hewan.

8. Hilgert

Pengertian psikologi berdasarkan pendapat yang dikemukakan Higlert yakni mempelajari tingkah laris insan dan binatang lainnya.

9. Chaplin (1972)

Psikologi merupakan ilmu pengetahuan mengenai prilaku insan dan hewan, juga penyelidikan terhadap organisme dalam segala ragam kerumitannya saat bereaksi arus dan perubahan alam sekitar dan peristiwa-peristiwa kemasyarakan yang mengubah lingkungan

10. Jhon Locke

Definisi psikologi yakni semua pengetahuan, tanggapan, dan perasaan jiwa manusia. Diperoleh sebab pengalaman melalui alat-alat indranya.

11. Ruch

Psikologi adalah studi wacana manusia. Sedangkan secara luas, pengertian psikologi yakni sebagian ilmu biologi dan sebagian merupakan ilmu sosial. Saling tumpang tindih dengan dua bidang utama dan menghubungkan keduanya.

12. Dakir (1993)

Pengertian psikologi berdasarkan Dakir (1993) yakni ilmu yang membahas wacana tingkah laris insan dalam hubungannya dengan lingkungannya.

13. Mussen dan Rosenzwieg

Psikologi sanggup diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang ‘mind’ (pikiran) namun dalam perkembangannya, kata mind menjelma ‘behavior’ (tingkah laku). Sehingga psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari wacana tingkah laris manusia.

14. Knight

Pengertian psikologi yakni ilmu yang mempelajari secara sistematis wacana pengalaman dan tingkah laris insan dan hewan, normal dan abnormal, individu atau social.

15. Garden Murphy

Pengertian psikologi secara umum yakni ilmu yang mempelajari respon yang diberikan oleh mahluk hidup terhadap lingkungannya.

16. Moskowitz dan Orgel

Pengertian psikologi yaitu suatu ilmu pengetahuan empirik yang berdasarkan atas observasi dan penelitian eksperimental. Pokok persoalannya yakni wacana tingkah laris manusia.

17. Angell (1910)

Psikologi adalah semua kesadaran normal atau abnormal, insan atau binatang, merpakan pokok permasalahan yang dicoba untuk dijelaskan oleh hebat psikologi, dan tidak ada definisi ilmu ini yang sepenuhnya sanggup di terima, semua bunyinya kurang lebih sama.

18. Rene Descartes

Pengertian psikologi berdasarkan Rene Descartes yakni ilmu pengetahuan mengenai tanda-tanda pedoman atau tanda-tanda kesadaran manusia, terlepas dari badannya.

19. Richard Mayer (1981)

Arti psikologi berdasarkan Richard Mayer yakni analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami sikap manusia.

20. Crow & Crow

Psikologi yakni tingkah laris manusia, yakni interaksi insan dengan dunia sekitarnya, baik berupa insan lain (human relationship) maupun bukan insan menyerupai hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.

21. Muhibbin Syah (2001)

Psikologi yakni ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laris terbuka dan tertutup pada insan baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.

22. Arthur Gates (1931)

Menurut Arthur Gates, psikologi mencoba menemukan peraturan umum yang pertanda sikap organisme hidup. Bidang ini mencoba menunjukkan, menerangkan, dan menggolongkan aneka macam macam kegiatan yang sanggup dilakukan oleh binatang, manusia, atau lainnya.

23. Sartain

Arti psikologi secara umum yakni ilmu yang mempelajari tingkah laris organisme yang hidup, terutama tingkah laris manusia.

24. Woodworth dan Marquis

Arti psikologi merupakan ilmu yang mempelajari acara individu semenjak masih dalam kandungan hingga meninggal dunia. Aktivitas yang ada dalam hubungannya dengan alam sekitar.

25. Bruno (1987)

Pengertian psikologi dibagi dalam tiga bagian. Yang pertama psikologi yakni studi (penyelidikan) mengenai “roh”. Yang kedua psikologi yakni ilmu pengetahuan mengenai “kehidup mental”. Dan yang ketiga psikologi yakni ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.

26. Munn dan Fernald

Menurut Munn dan Fernald, Psikologi didefinisikan sebagai ilmu sikap manusia. Penyelidikannya tidak terbatas pada insan dan terkadang melampaui sikap yang sanggup diamati.

27. Kenneth Clark dan George Millter

Pengertian psikologi yakni studi ilmiah mengenai perilaku. Lingkungan meliputi aneka macam proses sikap yang sanggup diamati, menyerupai gerak tangan, cara berbicara dan perubahan kejiwaan dan proses yang hanya sanggup diartikan sebagai pikiran dan mimpi.