Header Ads Widget

8 Pengertian Debat Menurut Para Ahli

pengertian debat menurut para ahli

Pengertian Debat Menurut Para Ahli

1. Asidi Dipodjojo (Komunikasi Lisan 1982 : 59)

Debat adalah proses komuunikasi lisan yang dinyatakan dengan bahasa untuk mempertahankan pendapat. Setiap pihak yang berpendapat akan Menyatakan argumen dan memberikan alasan dengan cara tertentu agar pihak lawan berdebat atau pihak lain yang mendengarkan perdebatan itu yakin dan berpihak kepadanya.

2. KBBI 2002 : 242

Debat adalah pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasa untuk mempertahankan pendapat masing - masing.

3. G. Sukadi

Debat pada hakikatnya saling adu argumentasi antarpribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan.

4. Guntur Tarigan (Retorika 1990 : 120)

Debat pada hakikatnya adalah saling adu argumentasi antarpribadi atau antarkelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan suatu pihak.

5. Menurut Dori Wuwur (1990)

Menurut Dori Wuwur dalam buku Retorika (1990), definisi debat adalah saling berkelahi argumentasi antar eksklusif atau antar kelompok insan dengan tujuan mencapai kemenangan untuk satu pihak.

6. Menurut Kamdhi (1995)

Arti debat berdasarkan Kamdhi yaitu suatu pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu pokok persoalan dimana masing-masing akseptor memperlihatkan alasan untuk mempertahankan pendapatnya.

7. Menurut Ensiklopedia

Pengertian debat berdasarkan Ensiklopedia yaitu aktivitas berkelahi argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok dalam mendiskusikan dan tetapkan persoalan dan perbedaan.

8. Menurut Wikipedia

Debat adalah kegiatan berkelahi argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan tetapkan persoalan dan perbedaan.

Posting Komentar

0 Komentar