Header Ads Widget

Pengertian Intranet Menurut Para Ahli dan Manfaatnya

intranet

Pengertian Intranet

Intranet adalah jaringan komputer yang saling terhubung dan dimanfaatkan oleh suatu sistem perusahaan, organisasi atau lembaga.

Definisi lain dari intranet adalah suatu jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti jaringan internet, tetapi pemakaiannya lebih terbatas dan tertutup atau hanya orang atau pengguna tertentu saja yang bisa memakai jaringan tersebut.

Ada juga yang menyebutkan pengertian Intranet adalah jaringan komputer dalam sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi internet. Pada dasarnya lingkungan internet sama seperti internet, tetapi lebih bersifat privat bagi perusahaan bersangkutan. Dalam hal ini, pengakses informasi uyang berkaitan dengna sistem basis data juga dilakukan melalui browser seperti Internet Explorer dan Mozilla Firefox.

Pengertian Intranet Menurut Para Ahli

Adapun pengertian intranet menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Miftakul Amin

Menurut Miftakul Amin, intranet merupakan LAN atau Local Area Network yang menggunakan standar komunikasi dan semua fasilitas internet sehingga bisa diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal.

2. Turban, King, Lee, dan Liang

Intranet adalah suatu jaringan perusahaan, organisasi, atau pemerintah yang memanfaatkan tools dalam internet seperti internet protokol dan web browser serta digunakan oleh perusahaan sebagai sarana kolaborasi dan komunikasi.

3. O’Brien dan Marakas

Menurut O’Brien dan Marakas pada tahun 2011, intranet merupakan teknologi internet seperti server, web browser, TCP/IP protokol jaringan, database, penerbitan HTML hypermedia, dan lain-lain untuk menyajikan lingkungan internet dalam suatu perusahaan guna berbagi informasi, kolaborasi, komunikasi, serta dukungan dari proses bisnis.

Manfaat Intranet

Manfaat penggunaan intranet antara lain adalah sebagai berikut;
  • Media komunikasi antara perusahaan dan karyawan
  • Adanya standar dalam menyajikan informasi
  • Memudahkan siapa saja menyajikan informasi.
  • Memudahkan untuk melakukan koneksi internet
  • Menghemat kebutuhan biaya internet
  • Menghemat penggunaan kertas
Kadang kala internet juga dihubungkan ke jaringan internet dengan dilengkapi firewall. Arti Firewall adalah program yang dijalankan pada komputer yang berkedudukan sebagai server dengan tujuan untuk mencegah akses internet dari internet, tetapi memungkinkan pemakai di dalam intranet mengkases internet.